DESAIN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN GAMIFICATION: STUDI KASUS KALIMANTAN BARAT

Suryanto, Paulus (2019) DESAIN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN GAMIFICATION: STUDI KASUS KALIMANTAN BARAT. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
MTF 002895.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTF 102895.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTF 202895.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
MTF 302895.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
MTF 402895.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB V)
MTF 502895.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
MTF 602895.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Pelestarian bahasa daerah sangat penting pada era saat ini. Semakin lama semakin tergerusnya bahasa daerah akan membuat generasi muda tidak mengenal bahasa yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Semakin berkurangnya penutur dan minat belajar akan membuat Bahasa Daerah terancam punah. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pendekatan dalam belajar Bahasa Daerah khususnya untuk anak-anak usia 9-10 tahun dengan prinsip pedagogi. Metode gamification menggunakan aplikasi berbasis mobile berbentuk video, game quisdan visual gambar. Desain embelajaran bahasa daerah ini disebut Enggang Kanayatn Quiz (EKQ). Materi akan diberikan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan quis. Materi berupa kalimat sehari-hari dan pengenalan kearifan budaya.Hasilnya berupa aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan anak-anak untuk pembela-jaran bahasa daerah dengan metode gamification dan sesuai pada prinsip peda-gogi. Reward yang menarik diperoleh berdasarkan jumlah point yang dicapai akan memotivasi anak-anak untuk senang belajar. Kontribusi yang diberikan melalui paper ini yaitu memotivasi anak-anak untuk belajar bahasa daerah sehingga akan menjaga kearifan budaya dan peles-tarian bahasa daerah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Gamification; Mobile Learning; Pedagogi
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:02
Last Modified: 04 Nov 2020 02:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22366

Actions (login required)

View Item View Item