PEMBANGUNAN ROBOTIC PROCESS AUTOMATIONUNTUK PROSES ADMINISTRASI PENERIMAAN KARYAWAN BARU (STUDI KASUS: ASTRA CREDIT COMPANIES)

Adrindratanaya, Hugo Candraditya (2020) PEMBANGUNAN ROBOTIC PROCESS AUTOMATIONUNTUK PROSES ADMINISTRASI PENERIMAAN KARYAWAN BARU (STUDI KASUS: ASTRA CREDIT COMPANIES). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hugo Candraditya Adrindratanaya)
0708947 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
0708947 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
0708947 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
0708947 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak perusahaan saling bersaing untuk mencari keuntungan dengan kecepatan dan ketepatan dari suatu teknologi. Salah satu perusahaan yang mulai mengikuti perkembangan ini adalah Astra Credit Companies. Astra Credit Companies adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang pembiayaan mobil baru, mobil bekas, alat berat, pembiayaan multiguna, pembiayaan perumahan dan pembiayaan modal kerja yang ada di Indonesia. Perusahaan ini tentu saja memiliki berbagai proses bisnis yang masih dikerjakan oleh manusia, salah satunya adalah proses administrasi penerimaan karyawan baru. Proses ini masih dikerjakan secara manual sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk mengerjakan prosesnya. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah Robotic Process Automation (RPA) yang digunakan untuk menjalankan proses administrasi penerimaan karyawan baru. RPA merupakan teknologi yang meniru manusia dengan tujuan mengotomatisasi pekerjaan yang repetitif atau berulang dengan cepat dan efisien. Sehingga proses administrasi penerimaan karyawan baru yang awalnya dikerjakan oleh manusia akan digantikan oleh RPA. Pembangunan RPA ini dilakukan menggunakan aplikasi bernama UiPath. Hasil dari pembangunan RPA adalah mempercepat proses administrasi penerimaan karyawan baru dan meminimalkan terjadinya human error yang biasanya terjadi dalam perusahaan. Penelitian ini berhasil membuat dan meningkatkan kecepatan proses sebesar 10.13 kali lipat dari proses manual yang pada awalnya memerlukan waktu 13 menit menjadi 1 menit 17 detik yang dilakukan oleh RPA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: robotic process automation, UiPath, penerimaan karyawan baru
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:47
Last Modified: 06 Nov 2020 02:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item