AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN MELINJO (Gnetum gnemon L.) DALAM SEDIAAN BASIS GEL CMC-NA TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Pseudomonas aeruginosa.

Jaksono, Thomas Afyn Dian Samara (2020) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN MELINJO (Gnetum gnemon L.) DALAM SEDIAAN BASIS GEL CMC-NA TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Pseudomonas aeruginosa. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Thomas Afyn Dian Samara Jaksono)
0801651 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0801651 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
0801651 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)

Abstract

Penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh masyarakat secara luas. Beberapa bakteri penyebab penyakit kulit diantaranya adalah Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Ekstrak etanol daun melinjo (Gnetum gnemon L.) memiliki kandungan senyawa antibakteri, salah satunya adalah flavonoid. Gel sebagai salah satu bentuk sediaan yang sering digunakan oleh masyarakat, digunakan dalam penelitian ini untuk membuat sediaan antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi dan aktivitas yang optimal dari sediaan gel ekstrak etanol daun melinjo (Gnetum gnemon L.) pada variasi konsentrasi 5, 10, dan 15%. Sediaan dievaluasi menggunakan uji organoleptis, homogenitas, pH dan daya sebar. Aktivitas bakteri diuji dengan metode sumuran. Hasil yang didapat kemudian dievaluasi menggunakan Oneway ANOVA dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Berdasarkan hasil uji bakteri didapatkan hasil bahwa variasi ekstrak daun melinjo pada gel dengan variasi 5, 10, dan 15% menunjukan adanya zona hambat pada Staphylococcus aureus dengan nilai zona hambat tertinggi pada variasi 15% yaitu sebesar 1,074 cm 2 , sedangkan pada Pseudomonas aeruginosa tidak menujukan adanya zona hambat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 07 Nov 2020 03:29
Last Modified: 07 Nov 2020 03:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item