PENGARUH RESEARCH AND DEVELOPMENT DAN FREE CASH FLOW TERHADAP RELEVANSI NILAI LAPORAN KEUANGAN

Sabatini, Maria Marchareta (2020) PENGARUH RESEARCH AND DEVELOPMENT DAN FREE CASH FLOW TERHADAP RELEVANSI NILAI LAPORAN KEUANGAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Marchareta Sabatini)
0423000 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0423000 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
0423000 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini berbertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh reseach and development dan free cash flow terhadap relevansi nilai laporan keuangan di Indonesia. Relevansi nilai laporan keuangan merupakan seberapa besar informasi dalam laporan keuangan dapat menunjukkan nilai perusahaan yang digambarkan dengan harga saham. Informasi laporan keuangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah earning per share dan book value per share. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor keuangan berjumlah 48 sampel dari 12 perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear berganda untuk menguji relevansi nilai laporan keuangan dan uji nilai moderate regression analysis untuk menguji pengaruh reseach and development dan free cash flow terhadap relevansi nilai laporan keuangan. Uji regresi linear berganda dan moderate regression analysis dilakukan dengan program SPSS Statistics Ver.21 for Windows. Keputusan pengambilan keputusan hipotesis dilakukan dengan membandingkan adjusted R square dari kedua uji tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reseach and development dan free cash flow meningkatkan relevansi nilai laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reseach and development, Free cash flow, Earning per Share, Book Value per Share, Relevansi Nilai, Harga Saham.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:44
Last Modified: 14 Nov 2020 03:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item