“Analisis Kebutuhan Dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Insiden Siber Berbasis Website (Studi Kasus Divisi Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah)”

Kesuma, Alwi (2020) “Analisis Kebutuhan Dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Insiden Siber Berbasis Website (Studi Kasus Divisi Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah)”. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Alwi Kesuma)
1617089521.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1617089523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
1617089524.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari sistem pelaporan insiden siber berbasis website yang diinginkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika provinsi Jawa Tengah khususnya divisi Persandian dan Keamanan Informasi. Permasalahan yang didapatkan akan dianalisis dan disesuaikan dengan kebutuhan dari Koordinator dan staff CSIRT Diskominfo Jateng. Peneliti menemukan beberapa masalah terkait pelaporan insiden siber provinsi Jawa Tengah yaitu kurang terdokumentasi dengan baik, tidak adanya progress “follow up” ketika adanya penanganan insiden siber kepada pemilik sistem, serta kurangnya pelayanan terkait insiden siber yang mengacu pada Perka BSSN No. 10 Tahun 2019 tentang penyediaan layanan keamanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode perancangan SDLC Waterfall karena dapat mendeskripsikan tahapan dengan rinci dan terstruktur sesuai dengan karakteristik di lingkup pemerintahan. Penelitian ini berfokus pada tahap analisis dan perancangan yang menggunakan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat bantu. Tahap analisis menggunakan alat bantu berupa flowchart untuk merancang proses bisnis pada aplikasi dan use case diagram untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi pada aplikasi website. Tahap perancangan menggunakan alat bantu berupa Entity Relationship Diagram (ERD), Class Diagram, dan Desain antarmuka. Keluaran dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah rancangan Sistem Pelaporan Insiden Siber (SPIS) berbasis website berdasarkan analisis kebutuhan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SDLC; Waterfall; Sistem Pelaporan Insiden Siber; Kebutuhan Sistem, website.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:34
Last Modified: 17 Nov 2020 01:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item View Item