ANALISIS TINGKAT SENSITIVITAS INFORMASI DAN PENGARUH FAKTOR INDIVIDU TERHADAP TINGKAT SENSITIVITAS INFORMASI PADA PENGGUNA INTERNET UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Pasiak, Megawati lestari (2020) ANALISIS TINGKAT SENSITIVITAS INFORMASI DAN PENGARUH FAKTOR INDIVIDU TERHADAP TINGKAT SENSITIVITAS INFORMASI PADA PENGGUNA INTERNET UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Megawati Lestari Pasiak)
1617089601.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1617089603.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
1617089604.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Pengguna internet Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jumlah pengguna internet Indonesia pada tahun 2019 mencapai 171 juta. Dengan jumlah tersebut secara langsung internet mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga menciptakan sebuah ekosistem baru dimana pengguna internet bersedia untuk memberikan data dan informasinya secara terus-menerus demi mendapatkan layanan yang disediakan oleh internet. Terdapat berbagai jenis data dan informasi pengguna internet yang tersebar dalam dunia internet yang memiliki tingkat sensitivitas dengan kategori tinggi sampai dengan kategori rendah. Jenis informasi tersebut memiliki peluang terhadap penyalahgunaan informasi yang disebabkan oleh perilaku pengguna internet sendiri. Sebagai contoh, pengguna internet secara tidak sadar mempublikasikan informasi yang dikategorikan dengan tingkat sensitivitas tinggi seperti nomor telepon pribadi, alamat rumah, status hubungan, pekerjaan pada situs jejaring sosial. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus maka pengguna internet akan kehilangan kontrol terhadap informasi pribadinya tak terkecuali pada mahasiswa di lingkungan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Maka dari itu perlu dilakukan analisis tingkat sensitivitas agar pengguna mendapatkan gambaran terkait susunan jenis informasi dimulai dengan informasi dengan tingkat sensitivitas paling tinggi sampai dengan informasi paling rendah. Disisi lain perlu diperhatikan faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat sensitivitas tersebut seperti faktor individu. Proses analisis tingkat sensitivitas informasi diawali dengan pemilihan jenis informasi guna dilakukan pengukuran, yang menghasilkan 31 informasi beserta satu informasi baru. Dilanjutkan dengan pengukuran nilai sensitivitas dari tiap jenis informasi yang diberikan kepada responden melalui kuesioner. Selanjutnya dilakukan penyusunan daftar jenis informasi dan berakhir pada pemetaan informasi kedalam kategori tingkat sensitivitas. Proses analisis pengaruh faktor individu terhadap tingkat sensitivitas dilakukan dengan cara analisis linier berganda yang menguji pengaruh faktor individu seperti jenis kelamin, umur, jumlah pengaksesan, kecenderungan nilai privasi (privacy disposition), orientasi risiko (risk orientation) dan pengalaman pelanggaran privasi terhadap tingkat sensitivitas informasi. Semua hasil analisis dalam penelitian ini dijelaskan secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan informasi dengan nilai sensitivitas tinggi sebanyak tujuh belas jenis informasi, sensitivitas sedang sebanyak sebelas jenis informasi dan informasi dengan sensitivitas rendah sebanyak empat. Dalam penelitian ini juga terbukti bahwa beberapa faktor individu memberikan pengaruh terhadap tingkat sensitivitas informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sensitivitas Informasi, Faktor Individu, Pengukuran Nilai, Privasi
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:40
Last Modified: 17 Nov 2020 01:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item