Usulan Perbaikan Proses Bisnis Pengiriman Kargo Dengan Metode Business Process Improvement (BPI) Pada PT Dwi Upaya Sukses

Alexander, Leonardo (2020) Usulan Perbaikan Proses Bisnis Pengiriman Kargo Dengan Metode Business Process Improvement (BPI) Pada PT Dwi Upaya Sukses. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Leonardo Alexander)
1617089691.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1617089693.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
16170896914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT. Dwi Upaya Sukses merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman kargo. Dalam kurun waktu 3 Bulan perusahaan mengalami penurunan hasil penjualan dan adanya keluhan pelanggan terhadap terhambatnya proses pengiriman kargo. Oleh sebab itu dilakukan perbaikan proses bisnis pengiriman kargo dengan metode BPI (Business Process Improvements). Penelitian ini menggunakan 3 fase dalam BPI, yaitu organizing for improvement, understand the process, dan streamlining. Berdasarkan hasil pembobotan yang dilakukan maka dilakukan perbaikan proses bisnis terhadap proses bisnis pengiriman kargo. Sehingga dilakukan pemetaan terhadap proses bisnis yang berjalan saat ini (as is) dengan memodelkan proses bisnis pengiriman kargo dengan notasi BPMN. Hasil identifikasi permasalahan dan McFarlan Strategic Grid diketahui bahwa proses pengelolaan gudang perusahaan belum adanya penerapan sistem informasi pada sub proses pengambilan dan penyimpanan barang. Sehingga diusulkan sebuah pemanfaatan sistem informasi pengelolaan gudang pada perusahaan. Kemudian dilakukan proses penyederhanaan aktivitas dengan streamlining tools dalam perancangan usulan proses bisnis (to be). Kemudian dilakukan pemodelan usulan proses bisnis (to be) dengan pemanfaatan sistem informasi. Dalam perbandingan hasil simulasi proses bisnis, didapatkan persentase kenaikan 51,9 % pada sub proses penyimpanan barang dan 40,5 % pada sub proses pengambilan barang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usulan proses bisnis dengan pemanfaatan sistem informasi pengelolaan gudang dapat mengoptimalkan proses pengiriman kargo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perbaikan proses bisnis, bisnis proses, BPMN, BPI
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:04
Last Modified: 17 Nov 2020 02:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item