PENILAIAN TINGKAT KEMATANGAN KESELARASAN BISNISTI MENGGUNAKAN SAMM LUFTMAN DI RUMAH SAKIT CONDONG CATUR YOGYAKARTA

Rotua, Dian Martina Sophia (2020) PENILAIAN TINGKAT KEMATANGAN KESELARASAN BISNISTI MENGGUNAKAN SAMM LUFTMAN DI RUMAH SAKIT CONDONG CATUR YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dian Martina Sophia Rotua)
1617089881.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1617089883.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
1617089884.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Kebutuhan untuk menyelaraskan strategi bisnis-TI telah menjadi isu penting bagi pemimpin bisnis maupun eksekutif senior dalam fungsi TI. Identifikasi keselarasan bisnis-TI akan menjadi sarana yang tepat untuk memahami dan meningkatkan hubungan antara bisnis dan TI serta untuk mencapai kinerja organisasi yang optimal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategic Alignment Maturity Model (SAMM). SAMM adalah model penilaian keselarasan bisnis-TI yang mendefinisikan enam kriteria berisi atribut yang digunakan sebagai komponen untuk menilai dan mengidentifikasi keselarasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kematangan di RSCC, mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat penyelarasan strategi bisnis-TI, dan merancang rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan kematangan keselarasan bisnis-TI. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner penilaian. Hasil penelitian ini menghasilkan tingkat kematangan keselarasan bisnis-TI di RSCC dengan nilai 3,22 atau berada pada tingkat 3 (established focused process). Secara umum, tingkat kematangan ini sudah memusatkan tata kelola, proses, dan komunikasi ke arah tujuan bisnis tertentu dan TI juga sudah melekat dengan bisnis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keselarasan bisnis-TI, strategic aligment, strategic alignment maturity, SAMM Luftman, Rumah Sakit Condong Catur Yogyakarta
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:23
Last Modified: 17 Nov 2020 02:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item