AUTOMATION REGRESSION TESTING PADA APLIKASI TEMAN DIABETES DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING

Putri, Yoanna Fransisca (2020) AUTOMATION REGRESSION TESTING PADA APLIKASI TEMAN DIABETES DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yoanna Fransisca Putri)
1617089921.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1617089923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
1617089924.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Terbukanya peluang pada layanan health tech di Indonesia dapat memunculkan persaingan yang semakin meningkat. Sehingga perusahaan terus melakukan inovasi dengan cara pembaharuan atau penambahan fungsionalitas pada sistem perangkat lunak yang sudah dikembangkan. Adanya hal ini maka diperlukan pengujian perangkat lunak dengan waktu yang lebih singkat agar performa pengujian tetap maksimal. Pada PT. Global Urban Esensial, pengujian yang dilakukan pada aplikasi teman diabetes hanya manual operational acceptance testing yang memerlukan waktu lama dalam pengujiannya. Selain itu, tidak dapat mengetahui apakah terdapat bug yang menganggu fitur lama atau tidak karena hanya berfokus pada fungsionalitas fitur baru. Pada penelitian ini automation regression testing dilakukan untuk mengoptimalkan waktu dalam pengujian perangkat lunak yang dilakukan pada aplikasi teman diabetes. Metode yang digunakan dalam automation regression testing ini adalah metode black box testing dengan menggunakan System Testing Life Cycle (STLC). Tahap dalam STLC yang dilakukan yaitu requirement analysis, test planning, test case development, test environment setup, dan test execution, dikarenakan fokus dalam penelitian ini adalah melihat keefektifan dalam menemukan bug/kesalahan dan efisiensi dalam penggunaan waktu dari automation regression testing yang dapat di analisis dari hasil report automation regression testing yang dilakukan. Pada penelitian ini didapatkan bahwa pengujian yang dilakukan secara automation lebih cepat 7,55%. Selain itu, ditemukan adanya bug pada fitur belanja yang merupakan dampak dari fitur baru yang akan dirilis. Bug ini ditemukan setelah dijalankannya automation regression testing. Bug ini tidak dapat ditemukan pada manual operational acceptance testing yang dilakukan sebelumnya,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Automation Regression Testing, Manual Operational Acceptance Testing, Black Box Testing, Teman Diabetes.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:17
Last Modified: 17 Nov 2020 03:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item View Item