PEMBANGUNAN SISTEM PENJADWALAN PETUGAS EKARISTI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (Studi Kasus : Gereja Paroki Santa Maria Fatima Magelang)

Nugroho, Kartiko Agung (2020) PEMBANGUNAN SISTEM PENJADWALAN PETUGAS EKARISTI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (Studi Kasus : Gereja Paroki Santa Maria Fatima Magelang). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kartiko Agung Nugroho)
0708526 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
0708526 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
0708526 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
0708526 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

Ekaristi merupakan puncak hidup iman Katolik. Oleh karena itu Gereja berusaha supaya umat yang hadir dalam ekaristi tidak hanya sebagai penonton bisu namun ikut serta aktif dalam perayaan ekaristi. Penjadwalan petugas ekaristi saat ini masih dilakukan secara manual sedangkan penjadwalan sendiri bertujuan supaya terjadi keteraturan dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu maka dibangunlah sistem penjadwalan petugas ekaristi berbasis website yang akan membantu pembuatan jadwal petugas ekaristi secara otomatis. Sistem ini dibangun menggunakan algoritma genetika dan diimplementasikan dalam platform website. Proses perhitungan algoritma diterjamahkan dalam kode PHP dengan framework Codeigniter. Aplikasi ini bekerja dengan menerima masukan data jadwal dari pengguna lalu memprosesnya menjadi sebuah jadwal. Sistem ini dapat mempersingkat proses pembuatan jadwal ekaristi yang tadinya menghabiskan waktu rata-rata diatas 15 menit menggunakan cara manual menjadi maksimal 5 menit dengan dikerjakan oleh sistem, serta meminimalkan kesalahan pembuatan jadwal berdasarkan aturan bahwa petugas tidak dapat bertugas pada Minggu yang sama dan tidak bisa bertugas lebih dari jumlah yang ditentukan selama satu bulan. Sistem ini membantu setiap ketua kelompok untuk membuat jadwal petugas ekaristi secara cepat, tepat, dan minim kesalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekaristi, Penjadwalan, Website, Algoritma Genetika
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:03
Last Modified: 17 Nov 2020 05:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item