PENGUJIAN OTOMATIS PADA WEBSITE MANAJEMEN PRESENSI DAN PERHITUNGAN TUNJANGAN APARATUR NEGARA MENGGUNAKAN CONTINUOUS INTEGRATION

Hanggara, Rheza Haryo (2020) PENGUJIAN OTOMATIS PADA WEBSITE MANAJEMEN PRESENSI DAN PERHITUNGAN TUNJANGAN APARATUR NEGARA MENGGUNAKAN CONTINUOUS INTEGRATION. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rheza Haryo Hanggara)
0708576 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0708576 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
0708576 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
0708576 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dewasa kini kian meningkat penggunaan Continuous Integration (CI) yang dilakukan untuk mempermudah serta mempercepat proses penggunggahan kode. CI merupakan praktik mengotomatiskan integrasi perubahan kode dari banyak kontributor ke proyek perangkat lunak. Salah satu keuntungan teknis dari CI yaitu mengintegrasikan potongan-potongan kecil kode pada satu waktu. CI juga meningkatkan reliabilitas pengujian dengan adanya perubahan spesifik terhadap system serta memungkinkan untuk melakukan pengujian positif dan negatif secara akurat. Pada tugas akhir ini akan dilakukan pengujian terhadap Synchrome secara otomatis. Dalam pengujian tersebut terdapat 2 layer pengujian yang berbeda, yaitu: layer API (Application Programming Interface) atau layer service dan layer UI (User Interface) atau layer Antarmuka. Pengujian akan dilakukan pada seluruh fungsi utama dari Synchrome. Pengujian ini nantinya akan membuktikan efisiensi waktu yang dilakukan oleh pengujian otomatis, agar kedepannya pengujian otomatis dapat mengurangi beban waktu pengujian manual. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap Synchrome, ditemukan bug di 8 fungsi utama yang diuji. Setelah melakukan perhitungan terhadap pengujian otomatis API dan UI, didapatkan rata-rata waktu tempuh sebesar 52,5 detik dan 2 menit 6 detik. Dengan rata-rata waktu tempuh tersebut, dapat dikatakan bahwa pengujian otomatis API dan UI sangatlah efisien. Dengan berhasilnya mengimplementasikan Continuous Integration, juga mempermudah dan mempercepat proses pengunggahan kode dari pengembang perangkat lunak. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengujian otomatis lebih efisien jika diukur berdasarkan waktu tempuh pengujian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Otomatis, Synchrome, Continuous Integration, API Testing, UI Testing.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 17 Nov 2020 13:39
Last Modified: 17 Nov 2020 13:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22553

Actions (login required)

View Item View Item