Integrasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi DIKTI dengan Sistem Informasi Kepegawaian Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Chandra, Nyoman (2020) Integrasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi DIKTI dengan Sistem Informasi Kepegawaian Universitas Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Nyoman Chandra)
0708664 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
0708664 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
0708664 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
0708664 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki dua sistem informasi berbeda yang memiliki beberapa fungsi yang hampir sama. Pertama adalah Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau yang dikenal dengan SIMKA. DIKTI memiliki Sistem Sumber Daya Terintegrasi atau yang dikenal sebagai SISTER. Kedua Sistem ini memiliki atribut data yang cenderung sama. Sebagian besar dosen hanya mengisikan data-data tersebut dalam satu sistem saja, yakni SISTER. Sehingga diperlukan suatu proses integrasi agar data dari SISTER dapat ditampilkan pula pada SIMKA. Proses Integrasi SISTER DIKTI dan SIMKA dilakukan dengan Pengembangan SIMKA dengan Bahasa pemrograman ASP. Net Core 3.1. Proses penelitian dilakukan dalam lingkungan Kantor Sistem Informasi UAJY . Dalam melakukan proses integrasi digunakan API yang disediakan oleh SISTER DIKTI. Tampilan antarmuka website menggunakan Library Boostrap untuk menghasilkan tampilan yang modern dan elegan. Sebagian dari proses akses data ke server dilakukan dengan metode AJAX untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang baik dan nyaman. Hasil dari Proses Penelitian ini adalah sebuah SIMKA versi baru yang memiliki tampilan lebih modern dan fleksibel sehingga 95% responden yang mencoba SIMKA versi baru merasa penggunaan SIMKA versi baru lebih mudah. Proses Integrasi yang melibatkan API dari SISTER DIKTI juga memungkinkan pengguna untuk melihat data yang tersimpan dari SISTER melalui SIMKA UAJY yang ditandai dengan 100% responden merasa mudah untuk melihat data SISTER DIKTI melalui SIMKA UAJY. Selain itu SIMKA juga telah dapat mengirimkan notifikasi login ke email yang terdaftar dalam SIMKA UAJY setiap pengguna masuk ke dalam SIMKA. Sehingga jika terdapat akses yang tidak seharusnya dapat diketahui oleh pengguna. Dengan adanya fitur ini, 94% responden merasa lebih aman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Sistem Informasi, API,
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 17 Nov 2020 14:37
Last Modified: 17 Nov 2020 14:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item