ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM DI KOTA TANGERANG DALAM MENGGUNAKAN ONLINE MARKETPLACE SEBAGAI SARANA JUAL BELI ONLINE DENGAN MODEL UTAUT

Wisnu, Aninda Milenia Putri (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM DI KOTA TANGERANG DALAM MENGGUNAKAN ONLINE MARKETPLACE SEBAGAI SARANA JUAL BELI ONLINE DENGAN MODEL UTAUT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aninda Milenia Putri Wisnu)
1617090421.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1617090423.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
1617090424.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi saat ini telah berkembang pesat dan membawa dampak yang luar biasa bagi perusahaan. Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dikarenakan UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut, UMKM harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi untuk meningkatkan daya saing usaha. Faktor terpenting untuk mengikuti perubahan tersebut salah satunya dengan menerapkan teknologi informasi pada usahanya seperti menggunakan online marketplace. Sebagai pengguna yang akan menggunakan online marketplace, UMKM tidak luput dari berbagai masalah, contohnya pada UMKM di Kota Tangerang yang masih kesulitan dalam menggunakan online marketplace. Namun bagi beberapa UMKM lainnya, online marketplace dinilai sangat mudah digunakan dan menguntungkan bagi usaha mereka. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi niat UMKM dalam menggunakan online marketplace, khususnya di Kota Tangerang. Dilakukan pengujian variabel dari model UTAUT yang digunakan untuk memperlihatkan faktor-faktor yang mempengaruhi niat UMKM di Kota Tangerang dalam menggunakan online marketplace dengan pendekatan teknik analisis PLS-SEM. Data dikumpulkan dari UMKM yang pernah atau sedang menggunakan Shopee atau Tokopedia atau Bukalapak sebagai sarana jual beli online melalui pengambilan data dan penyebaran kuesioner sejumlah 388 buah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM dalam menggunakan online marketplace adalah faktor performance expectancy, ef fort expectancy, social influence yang mempengaruhi niat penggunaan. Kemudian faktor facilitating condition dan behavioral intention mempengaruhi perilaku UMKM di Kota Tangerang dalam menggunakan online marketplace.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Online marketplace, Model UTAUT, PLS-SEM
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:15
Last Modified: 18 Nov 2020 02:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22560

Actions (login required)

View Item View Item