ANALISIS PENGUKURAN KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. MIROTA NAYAN MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD

Perangin-angin, Suhari Wanta (2020) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. MIROTA NAYAN MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Suhari Wanta Perangin-angin)
1617090551.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1617090553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1617090554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi informasi dalam penerapannya di sebuah bisnis sudah seharusnya bekerja sesuai dengan kebutuhan dan memberi nilai lebih terhadap bisnis. Jika penerapan teknologi informasi tersebut tidak memberikan nilai lebih terhadap bisnis, teknologi informasi tersebut hanya menjadi beban bagi perusahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran kinerja untuk melihat sejauh mana penerapan TI tersebut dapat menunjang proses bisnis dan memberikan nilai lebih. PT. Mirota Nayan merupakan sebuah perusahaan ritel yang dalam menunjang bisnisnya sudah menerapkan teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi di PT. Mirota Nayan belum pernah dilakukan pengukuran terhadap kinerja TI yang ada. Terdapat banyak metode untuk melakukan pengukuran suatu kinerja, salah satunya adalah metode IT Balanced Scorecard. Penggunaan metode IT Balanced Scorecard dikarenakan metode ini dapat memberikan gambaran kinerja TI dalam sebuah organisasi secara keseluruhan berdasarkan 4 perspektif yaitu, Kontribusi Perusahaan (Corporate Contribution), Orientasi Pengguna (Customer/User Orientation), Penyempurnaan Operasional (Operation Excellence) dan Orientasi Masa Depan (Future Orientation). Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengukuran kinerja TI PT. Mirota Nayan Yogyakarta menggunakan IT Balanced Scorecard dan membuat rekomendasi terhadap kinerja TI sesuai dengan hasil pengukuran kinerja dengan IT Balanced Scorecard pada PT. Mirota Nayan. Berdasarkan hasil analisis dan pengukuran kinerja TI PT. Mirota Nayan Yogyakarta diperoleh skor kinerja TI 62.64% berdasarkan 4 perspektif IT Balanced Scorecard, di mana skor tersebut termasuk kategori cukup. Perspektif kontribusi perusahaan memperoleh skor 68.50%, perspektif orientasi pengguna 63.00%, perspektif penyempurnaan operasional 62.06%, dan perspektif orientasi masa depan 57.44%, di mana pencapaian kinerja setiap perspektif termasuk kategori cukup. Namun, perspektif orientasi masa depan memperoleh skor paling rendah dan perspektif kontribusi perusahaan memperoleh skor paling signifikan. Kemudian, berdasarkan permasalahan TI di PT.Mirota Nayan Yogyakarta, terdapat beberapa rekomendasi adalah sebagai berikut. Menerapkan pengendalian biaya yang efektif, menerapkan tata kelola teknologi informasi, melakukan perbaikan terhadap sistem informasi SIRETA, penambahan staff ahli TI, melakukan penilaian kepuasan pengguna, melakukan pelatihan terhadap staff TI, dan meningkatkan pelayanan divisi TI terhadap keluhan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi; IT Balanced Scorecard; Pengukuran Kinerja; PT. MIrota Nayan Yogyakarta; Key Performance Indicator;
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:31
Last Modified: 18 Nov 2020 02:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item