PERENCANAAN STOCK KEEPING UNIT DAN PLANOGRAM PADA RETAIL RUMAH KREATIF BUMN BRI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN MERCHANDISE HIERARCHY

Raharja, Sayuda Eka (2020) PERENCANAAN STOCK KEEPING UNIT DAN PLANOGRAM PADA RETAIL RUMAH KREATIF BUMN BRI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN MERCHANDISE HIERARCHY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sayuda Eka Raharja)
0608827 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
0608827 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
0608827 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
0608827 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pencatatan data barang dan penyesuaian stok barang yang ada pada suatu perusahaan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pencatatan yang dilakukan harus berjalan dengan efisien dan efektif. Objek penelitian yang merupakan salah satu retail yang berlokasi di Yogyakarta mengalami kesulitan pada kegiatan opname stock. Perusahaan tersebut adalah Rumah Kreatif BUMN BRI Yogyakarta. Rumah Kreatif BUMN BRI Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan milik negara yang bergerak di bidang retail. Perusahaan ini memiliki beragam jenis produk yang dijual kepada konsumen. Data yang yang kurang rapi dapat mengakibatkan kesulitan terutama bagi pegawai dalam melakukan pencatatan inventaris. Perencanaan barang dagangan dilakukan untuk menyesuaikan barang yang dibutuhkan bagi konsumen perlu dilakukan. Perencanaan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode merchandise hierarchy. Metode ini merupakan penentuan tingkat barang dagangan berdasarkan keputusan beli dari konsumen. Menggunakan kuesioner untuk mendapatkan respon dari konsumen terkait merchandise hierarchy. Setelah hasil dari kuesioner diperoleh, dilakukan pengelompokan barang berdasarkan merchandise hierarchy yang telah terbentuk. Pengelompokan barang yang telah dilakukan memiliki tujuan memudahkan inventaris barang dagangan bagi perusahaan. Setelah dilakukan pengelompokan, barang dagangan dilakukan analisis terkait kemampuan produsen dalam melakukan penyediaan barang terhadap perusahaan retail dengan melihat data barang masuk. Barang dagangan yang telah pilih, kemudian dilakukan perencanaan peletakan barang dagangan dengan menggunakan planogram. Penempatan barang dagangan dilakukan dengan melihat kesamaan dan hubungan antara produk satu dengan lainnya. Setelah melakukan perencanaan menggunakan planogram, peneliti memberikan usulan kepada perusahaan Retail Rumah Kreatif BUMN BRI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: opname stock, merchandise hierarchy, planogram.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:40
Last Modified: 18 Nov 2020 03:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22570

Actions (login required)

View Item View Item