PENGENDALIAN KUALITAS TAS MINIATUR GITAR MENGGUNAKAN METODE STASTISTICAL QUALITY CONTROL (SQC)

Saragi, Bona Ventura Anju (2020) PENGENDALIAN KUALITAS TAS MINIATUR GITAR MENGGUNAKAN METODE STASTISTICAL QUALITY CONTROL (SQC). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bona Ventura Anju Saragi)
1506083871.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1506083873.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
1506083874.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
1506083875.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecacatan pada produk tas kulit dan memberikan usulan perbaikan terhadap permasalahan kecacatan tas kulit yang dilakukan di UKM Pak Purwadi. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah Saat ini, pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, ditengah persaingan industri kreatif yang semakin banyak bermunculan, UKM Pak Purwadi sebagai perusahaan yang bergerak dibidang industri kreatif harus bisa membuktikan bahwa meraka mampu memproduksi produk yang berkualitas tinggi untuk dipasarkan. Namun dari 100% produksi masih terdapat 30% produksi pernah mengalami kesalahan produk sehingga harus diulang. Harapan pemilik adalah kesalahan seharusnya 0% dari keseluruhan produksi. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar kecacatan yang terjadi dan bagaimana cara mangatasinya. Penelitian dilakukan dengan metode Statistical Quality Control, antara lain dengan check sheet, pareto chart, analisis P – chart, serta diagram sebab akibat. Produk yang diteliti adalah tas miniatur gitar yang diproduksi oleh UKM Pak Purwadi dalam periode Februari hingga Maret 2020. Hasil penelitian ditemukan jenis kecacatan dominan yang mempengaruhi seluruh jumlah cacat yaitu potongan tidak sesuai pola (51,8%) dan jahitan kurang rapi (36,3%). Faktor yang menyebabkan munculnya kecacatan produk yaitu manusia, mesin, dan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas Produk Tas miniatur Gitar, Metode Statistical Quality Control, Seven Basic Quality Tools.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:12
Last Modified: 18 Nov 2020 06:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22573

Actions (login required)

View Item View Item