PENGENDALIAN BAHAYA K3 DENGAN METODE HIRARC DI BENGKEL LAS PUTRA MANUNGGAL

Sinaga, Jubel Van Kristo (2020) PENGENDALIAN BAHAYA K3 DENGAN METODE HIRARC DI BENGKEL LAS PUTRA MANUNGGAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jubel Van Kristo Sinaga)
1406079441.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1406079443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
1406079444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1406079445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Bengkel Las Putra Manunggal adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa yang mengerjakan berbagai pekerjaan las. Proses kerja di bengkel Las Putra Manunggal berisiko menimbulkan kecelakaan kerja karena menggunakan mesin yang berpotensi menimbulkan bahaya. Berdasarkan keterangan pemilik bengkel, kecelakaan sering terjadi di Bengkel Las Putra Manunggal. Proses analisis bahaya belum pernah dilakukan di bengkel ini sehingga perlu dilakukan agar dapat mengurangi ataupun menghilangkan risiko bahaya. Penelitian ini menggunakan metode HIRARC (Hazard identification, Risk assesment, and Risk Control) yang terdiri dari identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko. Risiko bahaya diketahui dari hasil observasi di lapangan dan wawancara terhadap pekerja. Penilaian risiko dilakukan dengan mengalikan kemungkinan terjadinya risiko (likelihood) dan tingkat keparahan apabila risiko tersebut terjadi (severity). Pengendalian risiko dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan pengendalian risiko yaitu menekan likelihood, menekan severity, dan mengalihkan risiko. Hasil dari penelitian ini adalah risiko bahaya yang terdapat di Bengkel Las Putra Manunggal digolongkan ke dalam tingkat risiko rendah sampai dengan sedang. Risiko bahaya yang terdapat pada Bengkel Las Putra Manunggal diakibatkan oleh tidak adanya pelatihan K3 dan juga tidak ada APD yang sesuai standar, yang seharusnya disediakan oleh pemilik bengkel. Rencana Implementasi dilakukan pada risiko bahaya dengan tingkat risiko sedang. Risiko bahaya dengan tingkat risiko rendah dapat diabaikan karena tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan di bengkel ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hazard Identification, Risk Assesment, and Risk Control (HIRARC), likelihood, severity, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:16
Last Modified: 19 Nov 2020 03:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item View Item