PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA KOPI RUANG BERSAMA

Aweru, Oktadinata (2020) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA KOPI RUANG BERSAMA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Oktadinata Aweru)
1506084041.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
1506084043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
1506084044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
1506084045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Kopi Ruang Bersama merupakan usaha yang bergerak pada bidang Coffee, Food, & Beverage serta mengusung konsep kedai kopi yang menghadirkan berbagai fasilitas dan hiburan menarik bagi customer berupa layanan home cinema, bermain video game (play station), serta ruang rapat dan diskusi. Kopi Ruang Bersama belum memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan produk dan layanan yang menjadi keunggulannya, keadaan tersebut membuat Kopi Ruang Bersama tidak mampu menarik perhatian audiences, mendatangkan lebih banyak customer, hingga dapat meningkatkan penjualan. Kopi Ruang Bersama perlu mengevaluasi dan menilai kembali seluruh aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran yang diwujudkan dalam atribut bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place, Process, Promotion, People, dan Physical Evidence. Kopi Ruang Bersama perlu merancang strategi pemasaran efektif, tepat sasaran, serta mampu menjawab kebutuhan dan keinginan customer menggunakan metode Quality Function Development yang dianggap mampu mengubah Voice Of Customer ke dalam perancangan produk atau layanan dengan memenuhi kebutuhan teknis tertentu dalam perusahaan. Hasil identifikasi penilaian terhadap atribut bauran pemasaran, atribut yang dinilai tidak baik oleh customer, secara umum terdiri dari atribut Product, Promotion, Physical Evidence. Sesuai dengan hasil perhitungan Absolute Importance dan Relative Importance pada Technical Requirements, maka didapatkan 3 prioritas strategi pemasaran yang terdiri dari : Melakukan re-branding terhadap brand identity (92,90) ; Melakukan implementasi content strategy (76,30) ; Melakukan renovasi & penataan ulang layout (75,30). Pengambilan keputusan 3 prioritas didasari pada pertimbangan bahwa : ketiga prioritas diyakini menjadi solusi dari atribut pemasaran yang dinilai kurang baik ; akan saling mendukung apabila dikembangkan secara berurutan ; akan menjawab kebutuhan dan keinginan customer lewat kebutuhan teknis ; dapat menarik perhatian audiences, mendatangkan lebih banyak customer, hingga dapat meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Digital Marketing, Branding Strategy, Content Strategy, Interior Design, Layout Design, Voice Of Customer, Technical Requirements, Quality Function Deployment.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:24
Last Modified: 19 Nov 2020 03:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22586

Actions (login required)

View Item View Item