PERANCANGAN KEMASAN KUE KIPO DI UMKM BU DJITO MENGGUNAKAN METODE KREATIF

Pertiwi, Teresia Dhihan Mega (2020) PERANCANGAN KEMASAN KUE KIPO DI UMKM BU DJITO MENGGUNAKAN METODE KREATIF. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Teresia Dhihan Mega Pertiwi)
1506084831.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1506084833.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
1506084834.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
1506084835.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Kue kipo merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Kotagede. Salah satu UMKM yang menjual jenis kue ini adalah UMKM ibu Djito. Masalah yang terjadi pada UMKM tersebut adalah pemilik menginginkan untuk membuat kemasan oleh-oleh kue kipo, sehingga dapat memasarkannya ke luar daerah Kotagede agar kue ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini kue kipo hanya dipasarkan pada daerah Kotagede saja, hal tersebut menyebabkan belum banyak masyarakat yang mengetahui kue ini. Untuk menjawab permasalahan itu, peneliti mencoba membantu pemilik agar dapat menemukan jenis kemasan yang dapat digunakan untuk mengemas kue kipo, sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kreatif untuk mengetahui keinginan dari pemilik, reseller dan konsumen. Penelitian ini diawali dengan menyebarkan kuesioner kepada responden untuk mengetahui penilaian mereka terhadap fitur kemasan lama kue kipo. Penelitian dilakukan menggunakan metode VIEW dimana terdapat 4 aspek yang dinilai pada kemasan yaitu aspek visibilitas (visibility), Informasi (Information), daya tarik emosional (emotional appeal), dan daya / kemampuan untuk bekerja (workability). Kemudian hasil kuesioner tersebut diuji kedalam uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui keakuratan dan kehandalan dari kuesioner yang digunakan. Setelah data kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya selanjutnya data tersebut dianalisis dengan melibatkan pemilik dan pihak kemasan untuk mengetahui desain dan model kemasan kue kipo yang baru. Tahap selanjutnya setelah data dianalisis kemudian dilanjutkan dengan perancangan kemasan. Desain kemasan yang baru dibuat menggunakan software Catia dan Canva. Setelah desain kemasan dibuat, kemudian desain tersebut ditunjukkan kepada pemilik untuk dipilih sebagai desain kemasan yang baru. Selanjutnya kemasan baru diuji umur simpannya untuk mengetahui periode dimana kue kipo masih layak untuk dikonsumsi. Kemudian tahap akhir dilakukan dengan menentukan estimasi harga jual produk dan pangsa pasar dari kue kipo yang dikemas menggunakan kemasan baru. Hasil dari penelitian ini yaitu desain kemasan vakum dengan model display produk digantung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kue Kipo, VIEW, Kemasan
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:34
Last Modified: 19 Nov 2020 03:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item View Item