Anggellina, Clarita (2020) USULAN STRATEGI PENINGKATAN MINAT BELI BERDASARKAN PERSEPSI PELANGGAN ATAS ATRIBUT PADA ANTARMUKA TOKO ONLINE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Clarita Anggellina)
1606087021.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
1606087023.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text
1606087024.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
1606087025.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Toko online menjadi bisnis yang memiliki peluang besar karena tidak memiliki batas pasar dan dapat diakses selama 24 jam tiap harinya. Akan tetapi, tidak sedikit dari pelaku usaha online yang gagal. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan suatu bisnis toko online, salah satunya yaitu tidak mengetahui dengan baik faktor-faktor yang memengaruhi keputusan beli pelanggan. Dalam proses belanja online, antarmuka toko adalah satu-satunya sarana yang digunakan oleh pelanggan untuk melakukan proses pembelian mulai dari mencari informasi sampai dengan melakukan transaksi pembelian. Atribut-atribut yang terdapat pada antarmuka toko online dapat menjadi faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor tersebut berdasarkan persepsi pelanggan dan memberikan usulan strategi untuk meningkatkan minat beli pelanggan. Penelitian dimulai dengan menentukan faktor dan kelompok faktor dari penelitian terdahulu dan atribut yang terdapat pada antarmuka toko berdasarkan konsep marketing mix (product, price, place, promotion) dan jasa online. Tahap berikutnya adalah survei menggunakan kuesioner online pada pelanggan toko online. Kuesioner ini berisi perbandingan berpasangan antar faktor. Selanjutnya pengaruh faktor ditentukan dengan perhitungan bobot. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh pada keputusan beli menurut persepsi pelanggan remaja berbeda dari pelanggan perempuan, serta antara pelanggan laki-laki dan perempuan. Secara umum, 5 faktor yang paling berpengaruh pada keputusan beli pelanggan yaitu kualitas produk, harga promo, kualitas interaksi layanan, promosi melalui media sosial, dan layanan retur. Usulan strategi untuk meningkatkan minat beli berdasarkan faktor-faktor tersebut adalah menjual produk dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan, memberikan harga promo saat momen tertentu, membangun reputasi yang baik dan mengirimkan produk sesuai dengan pesanan, mulai memfokuskan pemasaran melalui media sosial Instagram dan Facebook, serta menetapkan kebijakan dan prosedur pengembalian barang dengan jelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | toko online, antarmuka, minat beli, persepsi pelanggan, perbandingan berpasangan. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 04:06 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 04:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22591 |
Actions (login required)
View Item |