Penerapan Algoritma Apriori dan Fuzzy Tsukamoto untuk Rekomendasi Jumlah Pembelian Barang dan Promo pada Toko Serba Ada (Implementation of Apriori and Fuzzy Tsukamoto Algorithms for Number of Purchases of Goods and Promo Recommendation at Convenience Stores)

Adhitama, Stephanie Pamela and Dewi, Findra Kartika Sari and Hariyadi, Eri (2020) Penerapan Algoritma Apriori dan Fuzzy Tsukamoto untuk Rekomendasi Jumlah Pembelian Barang dan Promo pada Toko Serba Ada (Implementation of Apriori and Fuzzy Tsukamoto Algorithms for Number of Purchases of Goods and Promo Recommendation at Convenience Stores). JUITA: Jurnal Informatika, 8 (2). pp. 261-270. ISSN 2579-8901

[img]
Preview
Text (Stephanie Pamela Adithama - Findra Kartika Sari Dewi - Eri Hariyadi)
JUITA Nov 2020 - Lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan para pemilik bisnis untuk berpikir kritis untuk menjaga kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan produk. Toko Surya Baru adalah toko serba ada (toserba) yang menjual kebutuhan sehari-hari. Pencatatan persediaan barang dan penjualan masih dilakukan secara manual, serta belum ada analisis terhadap data penjualan secara menyeluruh. Hal ini menyebabkan ada barang yang menumpuk karena kurang laku dan ada barang yang kosong. Masalah lain yang timbul adalah pemberian promo bagi para pelanggan. Pemilik toko kesulitan dalam menganalisis barang apa saja yang laku terjual dengan cepat dan sulit menganalisis barang apa saja yang dibeli bersamaan dalam sekali transaksi. Sistem yang dibangun untuk menangani proses transaksi, dilengkapi dengan sistem rekomendasi jumlah pembelian barang menggunakan Fuzzy Tsukamoto dan pemberian promo menggunakan algoritma Apriori. Dengan mengetahui barang apa saja yang dibeli secara bersamaan, sistem memberikan rekomendasi promo yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sistem ini telah berhasil dibangun dan menghasilkan prediksi yang optimal, sehingga membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Rekomendasi, Promo, Pembelian Barang, Apriori, Fuzzy Tsukamoto
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:29
Last Modified: 19 Nov 2020 04:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22595

Actions (login required)

View Item View Item