SETYAWAN, GERI ANDRE (2020) ANALISIS DISTORSI VISUAL SEBAGAI FAKTOR PENENTU TITIK LOKASI PENEMPATAN REKLAME DI JALAN SETURAN RAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (GERI ANDRE SETYAWAN)
5402557 0.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
5402557 1.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
||
Text
5402557 2.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Kawasan Seturan pada periodisasi 2005-2018 secara morfologi berkembang pada sektor komersil modern (perdagangan dan jasa) yang membuat wajah kawasan Seturan berbeda jauh dari periode sebelumnya. Pertumbuhan yang terjadi di kawasan ini lebih mengarah pada kawasan bisnis, atau lebih tepatnya bisnis fasilitas yang mendukung kegiatan para mahasiswa di kawasan tersebut maupun masyarakat secara umum baik di Sleman maupun Yogyakarta. Aktifitas ekonomi di Jalan Seturan Raya tinggi namun tidak seimbang dengan lahannya yang terbatas, jalan yang tidak lebar membuat perkembangan pesat yang dialaminya menjadikannya penuh sesak. Aktivitas perekonomian dan kepadatan jalan Seturan Raya di incar para investor untuk mengembangkan usahanya. Pemanfaatan koridor jalan sebagai ruang promosi terutama menggunakan media reklame luar ruang tumbuh dan berkembang tanpa terkendali dan berebut tempat dengan infratruktur perkotaan. Keamanan lalu lintas menjadi penting ketika pengguna jalan terutama pengendara secara sadar “dipaksa” beradaptasi melihat visualisasi reklame yang semrawut tanpa ada pilihan untuk menolak. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pemasangan reklame berkonstruksi dimanakah yang paling berpengaruh terhadap penyimpangan visual bagi pengendara? Pelanggaran reklame berkonstruksi apa saja yang ditemui di jalan Seturan Raya berdasarkan teori dan regulasi yang berlaku? dan dimanakah titik lokasi penempatan reklame yang tepat untuk jalan Seturan Raya berdasarkan teori dan regulasi? Metode yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti berusaha menggambarkan keadaan, objek penelitian pada saat ini berdasarkan fakta sebagaimana adanya. Kemudian menganalisis hasil survey tersebut menggunakan peraturan, standar dan teori sehingga hasilnya akan menjadi rekomendasi bagi PEMDA Sleman dalam pengelolaannya guna mendukung terbentuknya struktur visual kawasan serta terciptanya citra lingkungan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reklame luar ruang, semrawut, pengendara, distorsi visual, titik lokasi penempatan reklame |
Subjects: | Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 21 Nov 2020 04:00 |
Last Modified: | 21 Nov 2020 04:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22629 |
Actions (login required)
View Item |