PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PLASTIK DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT. MITRA KARYA PLASTINDO

Ervirawan, Dian (2020) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PLASTIK DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT. MITRA KARYA PLASTINDO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dian Ervirawan)
1606087321.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1606087323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
1606087324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
1606087325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Salah satu aspek penting yang selalu diutamakan dalam industri manufaktur adalah kualitas produk. Kualitas menjadi salah satu tolak ukur bagi pelanggan dalam melakukan penilaian terhadap produk yang dibeli. Perusahaan PT. Mitra Karya Plastindo menetapkan batas toleransi standar proporsi kecacatan sebesar ±25%. Pada perusahaan masih terdapat proporsi kecacatan sebesar 35,63%. Diketahui masih terdapat beberapa departemen yang melebihi angka tersebut pada departemen thermoforming dan departemen punch. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk mengetahui penyebab terjadinya kegagalan pada departemendepartemen tersebut dan memberikan usulan agar dapat mempertahankan kualitas produk perusahaan. Metode Fault Tree Analysis digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui potensi kegagalan yang terjadi pada departemen mixer, departemen extruder, departemen thermoforming dan departemen punch. Potensi penyebab kegagalan tersebut kemudian dianalisis dengan metode Failure Mode and Effect Analysis yang bertujuan untuk mencari potensi mode kegagalan dan perhitungan Risk Priority Number (RPN) untuk mengetahui tingkat kegagalan terbesar sampai yang terkecil untuk dilakukan tindakan preventif atau perbaikan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah diketahui penyebab kegagalan pada tiap departemen yang secara garis besar disebabkan oleh human error dan mesin/alat yang kurang perawatan. Hasil perhitungan Nilai RPN tertinggi terdapat pada moda kegagalan lembaran plastik berlubang dengan nilai 144, ukuran plastik tipis dengan nilai 105 dan potongan tiap satu produk tiap rapi dengan nilai 90. Dari hasil analisis tersebut diberikan beberapa usulan berupa pembersihan mesin atau alat secara terjadwal, pembentukan Instruksi Kerja (IK) sebagai pedoman operator dalam mengoperasikan mesin dan ditempel di dekat operator bekerja untuk mempermudah operator melihat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas produksi, cacat produk plastik, fault tree analysis, failure mode and effect analysis
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item View Item