ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TENTANG PERKEMBANGAN INDUSTRI E-SPORT INDONESIA PADA TWITTER MENGGUNAKAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES

Valentino, Joshua Restu (2020) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TENTANG PERKEMBANGAN INDUSTRI E-SPORT INDONESIA PADA TWITTER MENGGUNAKAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Joshua Restu Valentino)
1607090211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1607090213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
1607090214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
1607090215.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang ada saat ini telah banyak berkembang, tak terkecuali pada media sosial. Media sosial merupakan satu dari sekian media yang mempunyai data yang berkapasitas besar. Salah satu dari manfaat media sosial yaitu menjadi sarana untuk mengetahui opini dari suatu pembahasan dimana terdapat topik tertentu. Topik Topik yang menjadi fokus utama dari penelitian ini adalah perkembangan industri e-sport Indonesia. Pada media sosial masyarakat bisa mengungkapkan opini tentang perkembangan industri e-sport Indonesia. Opiniopini itu disampaikan melalui tweets yang ada pada Twitter. Analisis sentimen merupakan satu dari sekian banyak cabang yang meneliti tentang Text Mining. Penelitian ini digunakan untuk melakukan klasifikasi pada dokumen yang beruka teks dimana teks ini berisikan opini-opini yang beralaskan sentiment. Opini tentang perkembangan industri e-sport Indonesia dikumpulkan, kemudian dijadikan suatu data yang akan dilakukan analisa serta pengamatan. Naïve Bayes Classifier merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melakukan analisis sentimen. Multinomial Naïve Bayes merupakan turunan dari algoritma yang telah dilakukan perkembangan yang berasal dari Naïve Bayes Classifier. Hasil dari metode Multinomial Naïve Bayes untuk data tweets PUBG memperoleh hasil f-1 score sebesar 68%, sedangkan untuk data tweets Mobile Legends memperoleh hasil f-1 score sebesar 66%. Kemudian untuk sentimen, baik PUBG ataupun Mobile legends memperoleh lebih dari 50% sentimen netral. Yang artinya opini masyarakat pada industri e-sport masih bisa menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Twitter, Data Mining, Analisis Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, Perkembangan Industri E-sport Indonesia, PUBG, Mobile Legends, pabji, mobel lejen.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:13
Last Modified: 30 Nov 2020 03:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22687

Actions (login required)

View Item View Item