PENGARUH JENIS KEPEMILIKAN BANK, RISIKO KREDIT,DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN

YORA, VIONI (2020) PENGARUH JENIS KEPEMILIKAN BANK, RISIKO KREDIT,DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
16 04 022732.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16 04 122732.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
16 04 222732.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
16 04 322732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB IV)
16 04 422732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
16 04 522732.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris bahwa terdapat pengaruh jenis kepemilikan yang terdiri dari kepemilikan pemerintah dan kepemilikan asing, risiko kredit, dan dewan komisaris independen terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan merupakan gambaran kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang biasanya diukur dengan rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah return on asset (ROA). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan diversifikasi. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor perbankan berjumlah 366 sampel dari 41 perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, pengujian nilai t, uji kelayakan model, dan koefisien determinasi. Pengujian dilakukan dengan program IBM SPSS Statistics 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kepemilikan pemerintah dan jenis kepemilikan swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan, sedangkan variabel risiko kredit serta dewan komisaris independen memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan. Variabel kontrol ukuran dan umur perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan, sedangkan diversifikasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Perbankan, Kepemilikan Pemerintah, Kepemilikan Asing, Risiko Kredit, Dewan Komisaris Independen, Return On Assets (ROA), Non-Performing Loan (NPL), Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan diversifikasi.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:41
Last Modified: 01 Dec 2020 01:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22703

Actions (login required)

View Item View Item