PEMBANGUNAN SISTEM BANK SAMPAH OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN EDGE DETECTION UNTUK MEMBEDAKAN UKURAN SAMPAH

Analta, Ilham Wahyu (2020) PEMBANGUNAN SISTEM BANK SAMPAH OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN EDGE DETECTION UNTUK MEMBEDAKAN UKURAN SAMPAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ilham Wahyu Analta)
1607087691.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1607087693.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
1607087694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1607087695.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sampah menjadi salah satu permasalahan terbesar di kota-kota yang ada di Indonesia. Setiap tahun volume sampah bertambah karena tingkat kesadaran akan sampah masih kurang. Sampah dianggap benda yang tidak berhaga, namun dengan penanganan dan cara-cara yang tepat sampah bisa menjadi barang yang bernilai ekonomis. Untuk mengkomunikasikan hal tersebut, banyak gerakan atau lembaga masyarakat yang mengolah sampah untuk membantu ekonomi rumah tangga dan salah satunya bank sampah. Dengan permasalahan sampah dan juga prinsip dari bank sampah yang ada, penulis membangun sebuah bank sampah yang memanfaatkan teknologi Internet of Things untuk mempermudah proses menabung. Teknologi tersebut dikombinasikan dengan Edge Detection sehingga dapat mengkalkulasikan saldo yang diapat berdasarkan tinggi sampah. Cara kerja dari bank sampah ini adalah memilah jenis sampah kaleng dan plastik dan mengkalkulasi tabungan yang didapatkan dimana transaksi dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile. Pembangunan bank sampah dalam penelitian ini berhasil dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun sudah berfungsi dengan baik. Secara keseluruhan dari analisa hasil pengujian terhadap pengguna, dari 31 orang pengguna yang melakukan uji coba memberikan hasil dimana 38,7% merasa sangat puas, 58,1% merasa puas, dan 3,2% merasa cukup puas dengan sistem bank sampah otomatis yang dibangun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Internet of Things, Edge Detection, Mobile.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:50
Last Modified: 01 Dec 2020 04:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22710

Actions (login required)

View Item View Item