Pembimbingan dalam Implementasi Kurikulum Informatika bagi Guru-Guru SMP di Yogyakarta

Sulistyoningsih, Margaretha and Wisnubhadra, Irya (2020) Pembimbingan dalam Implementasi Kurikulum Informatika bagi Guru-Guru SMP di Yogyakarta. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS 2020), 17 September 2020, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Margaretha Sulistyoningsih - Irya Wisnubhadra)
Prosiding_Sendimas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permendikbud No 36 dan 37 Tahun 2018 mensyaratkan agar kurikulum sekolah-sekolah Dasar dan Menengah di Indonesia memasukkan mata pelajaran (mapel) Informatika. Mapel ini didasari semangat Pemikiran Komputasional untuk meningkatkan kemampuan siswa/i dalam memecahkan masalah, bukan lagi kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang hanya menekankan kemampuan penggunaan aplikasi komputer. Pada tahun 2019, kami ikut serta dalam membimbing guru-guru SMP dalam membuat kurikulum Informatika. Kegiatan ini adalah bagian dari pemberian hibah implementasi kurikulum bagi Sekolah Dasar dan Menengah di Yogyakarta oleh Google.org, yang dilaksanakan oleh universitas sebagai Biro Bebras Indonesia. Luaran yang diberikan oleh Guru-guru sebagai hasil dari pembimbingan kami adalah perangkat ajar yang salah satu komponennya adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Informatika untuk kelas VII sebagai dasar untuk penerapan pada kelas VIII dan IX. Guru-guru juga mempresentasikan hasilnya melalui presentasi poster, power point, dan video uji petik proses belajar mengajar Informatika di sekolahnya pada pameran dan seminar evaluasi. Keberhasilan project ini telah membawa Google dot org untuk melanjutkan pemberian hibahnya di tahun 2020-2021.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Informatika; Pemikiran Komputasional; Kemampuan Pemecahan Masalah; Perangkat Ajar; Sekolah Menengah;
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2020 11:50
Last Modified: 01 Dec 2020 11:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item