PERANCANGAN ARSITEKTUR MICROSERVICES UNTUK DATA WAREHOUSE GOAPOTIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIG DATA (STUDI KASUS : PT. GLOBAL URBAN ESENSIAL)

Situmorang, Mawar Listra Theresa (2020) PERANCANGAN ARSITEKTUR MICROSERVICES UNTUK DATA WAREHOUSE GOAPOTIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIG DATA (STUDI KASUS : PT. GLOBAL URBAN ESENSIAL). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Mawar Listra Theresa Situmorang)
1607089411.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1607089413.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
1607089414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
1607089415.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

PT. Global Urban Esensial memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat melalui digital. GoApotik adalah salah satu produk yang memiliki data dalam jumlah besar. Saat ini, GoApotik ingin mengembangkan diri dengan membuat sebuah sistem pengolahan berbasis Big Data dan sebuah data warehouse untuk menampung hasil pengolahan tersebut. Perancangan sistem pengolahan Big Data diawali dengan menentukan gambaran data warehouse berdasarkan analisis kebutuhan informasi dari user. Perancangan dilakukan dengan menerapkan Nine step design method dengan menentukan informasi yang akan disimpan. Perancangan fisik diusulkan dengan menggunakan arsitektur microservices dan stack SKACK sebagai teknologinya. Implementasi microservices diwujudkan dengan penggunaan docker swarm sebagai cluster management. Hasil pengolahan data ditampilkan dalam sebuah dashboard informasi untuk dilihat oleh user serta disimpan ke dalam data warehouse. Penelitian ini menghasilkan rancangan pembangunan sistem pengolahan big data GoApotik menggunakan konsep microservices dalam bentuk langkah-langkah petunjuk. Selain itu, dibuat juga sebuah rancangan pembangunan data warehouse berupa Snowflake Scheme dan mapping table.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GoApotik, Data Warehouse, Big Data, microservices.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:23
Last Modified: 02 Dec 2020 02:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22725

Actions (login required)

View Item View Item