PEMBANGUNAN APLIKASI PENGIRIMAN PROMOSI UNTUK PRODUK EMOS DAN MOSHEALTH MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PT. ENSEVAL PUTERA MEGATRADING TBK

Batara, Novrianto (2020) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGIRIMAN PROMOSI UNTUK PRODUK EMOS DAN MOSHEALTH MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PT. ENSEVAL PUTERA MEGATRADING TBK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Novrianto Batara)
1607090901.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1607090903.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
1607090904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1607090905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT. Enseval Putera Megatrading Tbk adalah salah satu entitas anak usaha dari Kalbe yang berpusat di Jakarta dan bergerak selama lebih dari 45 tahun di bidang distribusi dan logistik, utamanya untuk produk-produk kesehatan. Dalam beberapa tahun belakang ini, manajemen perusahaan ini sudah memulai untuk mengubah sistemnya dari yang manual ke digital. Salah satunya dalam mengirim promosi untuk produk-produk di aplikasi e-commerce mereka yaitu EMOS dan MOSHealth yang sudah tidak lagi memakai brosur dan digantikan dengan media sosial yang sering dipakai oleh banyak orang untuk berkomunikasi dan dibuat juga API dari media sosial tersebut untuk mengirim promosi. Akan tetapi, muncul masalah baru yaitu pelanggan semakin banyak yang jumlahnya sampai ribuan pelanggan sehingga admin kesulitan untuk mengirim promosi ke masing-masing media sosial pelanggan yang akan membutuhkan waktu hingga berjam-jam dan tenaga yang banyak serta pengiriman promo melalui API tersebut yang masih hardcode yang tidak interaktif dan user-friendly. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka dibangun website Send Message Promo yang interaktif dan user-friendly untuk pengiriman promosi produk-produk di aplikasi EMOS dan MOSHealth. Website ini akan mengirim promosi melalui media sosial yang sering dipakai oleh banyak pelanggan antara lain WhatsApp dan Telegram. Pada aplikasi Telegram dibuat 2 EMOS Telegram Bot untuk membantu pengiriman promo EMOS, dimana terdapat EMOS Bot untuk menjadi sarana pengiriman promo EMOS dari website ke customer dan EMOS Registrasi Telegram Bot untuk mendaftarkan chatid Telegram customer agar dapat dilakukan pengiriman promo ke customer. Dengan adanya pembangunan aplikasi pengiriman promosi ini, maka akan berdampak besar pada admin dalam melakukan pengiriman promosi produk di aplikasi EMOS dan MOSHealth. Pengiriman promosi tersebut akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 menit, tidak menguras tenaga yang banyak, dapat diakses kapanpun dan dimanapun, serta tampilan yang lebih interaktif dan user-friendly.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, WhatsApp, Telegram, Telegram Bot, Promosi
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:40
Last Modified: 02 Dec 2020 03:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22729

Actions (login required)

View Item View Item