PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSETS, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FOOD AND BEVERAGE

Berniati, Novi (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSETS, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FOOD AND BEVERAGE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Novi Berniati)
1404216651.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1404216653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1404216654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeneliti kemungkinanadanyapengaruhukuran perusahaan, return on assets, dan debt to equity ratio sebagai alat bagi perusahaan dalam rangka menghindari pajak dan meminimalkan jumlah beban pajak yang seharusnya ditanggung perusahaan. Penghindaran pajak sebagai variabel dependen diukur menggunakan cash ETR. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, dan ROA. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor food and baverage yang terdaftar di BEI selama periode 2014–2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampelsebanyak13 perusahaan denganperiodeobservasi 5 tahun sehingga total data yang diobservasi adalah sebesar 65 data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, return on assets berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, dan debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cash ETR, penghindaran pajak, ukuran perusahaan, return on assets, debt to equity ratio
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:17
Last Modified: 10 Dec 2020 05:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22780

Actions (login required)

View Item View Item