PARTISIPASI MASYARAKAT, PEMAHAMAN, DAN PERAN PERANGKAT DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN SENTOLO, KULON PROGO

Saputri, Selvia Mega Ayu (2020) PARTISIPASI MASYARAKAT, PEMAHAMAN, DAN PERAN PERANGKAT DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN SENTOLO, KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Selvia Mega Ayu Saputri)
1504223291.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1504223293.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
1504223294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa yang terletak di Kecamatan Sentolo dilihat dari sudut pandang partisipasi masyarakat, pemahaman dan peran perangkat desa. Penelitian ini dilaksanakan di desa-desa Kecamatan Sentolo, karena pada tahun 2019 Desa Banguncipto yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Sentolo telah terjadi penyalahgunaan dana desa yang dilakukan oleh kepala desa dan bendahara desa (yogyakarta.kompas.com). Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan di dalam penelitian ini meliputi: 1) Perangkat desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris, Bendahara, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Urusan Umum, Kepala Seksi Kesejahteraan , Kepala Seksi Pembangunan dan Kepala Dusun di Kecamatan Sentolo yang bersedia mengisi kuesioner, dan 2) Memiliki masa kerja minimal 1 tahun dan tingkat pendidikan minimal SMA/SLTA sederajat. Jumlah rincian dari kuesioner yang disebarkan kepada seluruh perangkat desa di Kecamatan Sentolo yang kembali sebanyak 64 kuesioner. Jumlah observasi dalam penelitian ini berjumlah 64 buah dan respon kuesioner sebesar 100% atau 64 kuesioner kembali dan dapat diolah. Pengumpulan data menggunakan survey kuesioner kepada kepala desa beserta perangkatnya di 8 desa Kecamatan Sentolo. Pengolahan data menggunakan model penelitian analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Partisipasi Masyarakat, Pemahaman dan Peran Perangkat Desa berpengaruh signifikan positif terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pemahaman Perangkat Desa, Peran Perangkat desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Desa BangunCipto, Desa Sentolo, Desa Kaliagung, Desa Salamrejo, Desa Sukoreno, Desa Tuksono, Desa Demangrejo, Desa Srikayangan, Kecamatan Sentolo.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Dec 2020 08:42
Last Modified: 11 Dec 2020 08:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item