ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KEUANGAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL DI GEREJA HKBP PONTIANAK RESSORT PONTIANAK

Elfronzo, Jannes Samuel (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KEUANGAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL DI GEREJA HKBP PONTIANAK RESSORT PONTIANAK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jannes Samuel Elfronzo)
1604225261.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1604225263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
1604225264.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)

Abstract

Keberadaan gereja sebagai lembaga keagamaan yang sakral dan berdasar standar moral tinggi memperkuat tuntutan akan akuntabilitas pengelolaan dana. Namun, penerapan akuntansi dan akuntabilitas yang kurang memadai, serta lemahnya pengendalian internal masih menjadi persoalan yang umum terjadi pada gereja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas keuangan dan pengendalian internal di gereja HKBP Pontianak dalam perspektif teori stewardship. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan para pihak yang melayani pada bidang keuangan. Berdasarkan temuan dan analisis, diperoleh hasil bahwa faktor penghambat akuntabilitas keuangan dan pengendalian internal meliputi ketiadaan standar akuntansi, belum terlaksananya kegiatan yang mengedukasi para steward terkait keuangan gereja, dan ketiadaan pegawai keuangan. Sedangkan, faktor pendorong akuntabilitas keuangan dan pengendalian internal sejalan dengan teori stewardship, yakni kolaborasi, kultur organisasi, motivasi untuk berbuat yang terbaik, komitmen pada nilai organisasi, dan persepsi bahwa akuntansi adalah sebuah kebutuhan bagi gereja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas keuangan, pengendalian internal, teori stewardship, gereja HKBP Pontianak
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:41
Last Modified: 14 Dec 2020 04:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item