PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Asih, Aprelia Hana Dwi Retno (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Aprelia Hana Dwi Retno Asih)
1604226701.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1604226703.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
1604226704.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder,yaitu laporan tahunan dan/atau sustainability report serta laporan keuangan perusahaan. Data diperoleh dari situs resmi BEI dan website masingmasing perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR yang diukur dengan menggunakan rasio antara jumlah item yang diungkapkan perusahaan dengan jumlah seluruh item pengungkapan CSR menurut GRI-G4. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas laba yang diukur melalui manajemen laba dengan menggunakan discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu leverage, firm size dan Return on Assets (ROA). Data diolah menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Analisis memberikan kesimpulan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Pengujian hipotesis memberikan bukti bahwa perusahaan yang turut berkontribusi dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) cenderung menghindari praktik manajemen laba. Sehingga dapat dikatakan bahwa perusahaan yang melakukan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) akan menghasilkan kualitas laba yang semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan corporate social responsibility, kualitas laba, manajemen laba, laverage, firm size, return on assets.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2020 16:15
Last Modified: 15 Dec 2020 16:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item View Item