PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, DAN PENEKANAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA OPD PEMERINTAH DAERAH KOTA SIBOLGA

Simamora, Rosanna Uly Artha (2020) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, DAN PENEKANAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA OPD PEMERINTAH DAERAH KOTA SIBOLGA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rosanna Uly Artha Simamora)
1604227941.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1604227943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
1604227944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

Anggaran sektor publik merupakan informasi keuangan yang bersifat umum dan bentuk pertanggungjawabannya kepada masyarakat. Anggaran sektor publik perlu dibahas terlebih dahulu sebelum diputuskan, di mana anggaran tidak hanya dirancang melainkan dikritik dan diberi masukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya tindakan negatif yang timbul dari adanya anggaran tersebut, seperti kecenderungan manajer untuk menciptakan senjangan dalam anggaran. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, dan penekanan anggaran sebagai variabel independen terhadap senjangan anggaran sebagai variabel dependen dengan ketidakpastian lingkungan sebagai variabel moderasi. Objek dalam penelitian ini adalah Senjangan Anggaran dan dan subjek dalam penelitian ini adalah OPD Pemerintah Daerah Kota Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di OPD Pemerintah Daerah Kota Sibolga terdiri dari 17 Dinas dan 3 Badan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 37 sampel. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik survey yang berupa penyebaran dan pengisian kuesioner. Metode analisis yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda dan regresi moderasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh signifikan negatif terhadap senjangan anggaran. Sedangkan, kejelasan sasaran anggaran, penekanan anggaran dan ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Ketidakpastian lingkungan memperkuat pengaruh positif partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Tetapi, ketidakpastian lingkungan tidak memoderasi pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran dan juga tidak memoderasi pengaruh penekanan anggaran terhadap senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:24
Last Modified: 17 Dec 2020 05:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22846

Actions (login required)

View Item View Item