AKTIVITAS KOMUNIKASI EMPLOYEE RELATIONS PADA ORGANISASI BISNIS YANG DITERAPKAN PADA KONSEP MALL DENGAN DEPARTEMEN STORE ( Analisis Perbandingan antara Trade Mall Saphir Square dengan Gardena Departement Store )

SAKTI, HASTANING (2010) AKTIVITAS KOMUNIKASI EMPLOYEE RELATIONS PADA ORGANISASI BISNIS YANG DITERAPKAN PADA KONSEP MALL DENGAN DEPARTEMEN STORE ( Analisis Perbandingan antara Trade Mall Saphir Square dengan Gardena Departement Store ). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02249.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02249.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02249.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada dua lokasi yaitu Trade Mall Saphir Square dan Gardena Department Store. Trade Mall Saphir Square berlokasi pada Jl. Laksda Adisucipto Kav. 32-34, Yogyakarta 55001 dan untuk Gardena Department Store berlokasi pada Jalan Urip Sumoharjo No. 37-C, Yogyakarta. Peneliti memilih kedua objek tersebut dikarenakan peneliti ingin memberikan perbadingan mengenai konsep Employee Relations yang diterapkan pada mall yang diwakili oleh Trade Mall Saphir Square dengan konsep Employee Relations yang diterapkan pada department store yang diwakili oleh Gardena Department Store. Selain itu peneliti juga ingin menggali lebih dalam mengenai konsep Employee Relations yang diterapkan oleh mall dan department store. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan konsep Employee Relations yang diterapkan oleh mall dan department store. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode studi kasus dengan teknis analisis perbandingan, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara secara mendalam kepada Public Relations pada kedua objek tersebut. Metode wawancara digunakan untuk mencari data-dagta yang akan diolah oleh peneliti. Pada penelitian ini kedua objek peneltian yaitu mall dan department store memiliki karakteristik yang berbeda yaitu dari segi luas bangunan, kepegawaian, kepemilikan modal,jumlah toko dan pengelolaan toko. Trade Mall Saphir Square memiliki luas bangunan 21.750 m² dimana memiliki dan mengelola pegawai yang terdiri dari karyawan sendiri dan karyawan tenant. Karyawan tenant merupakan karyawan yang menempati unit-unti yang disewakan, hal itu berpengaruh pada pengelolaan dimana Trade Mall Saphir Square memiliki kantor managemen pusat yang berfungsi sebagai pengelola aktivitas kinerja. Trade Mall Saphir Square tidak memiliki kewenangan terhadap karyawan tenant, hubungan hanya terletak pada shift jam kerja, untuk informasi serta peneguran karyawan tenant Trade Mall Saphir Square akan menghubungi pemilik toko yang menyewa unit di Saphir. Gardena Department Store memiliki luas bangunan 6,000 m² yang hanya memiliki karyawan sendiri beserta SPGnya. Pengelolaan karyawan cenderung lebih sederhana mengingat hanya mengelola karyawan sendiri. Konsep Employee Relations yang diterapkan kedua objek penelitian tidak memilik perbedaan yang mencolok. Kedua objek penelitian menerapkan komunikasi arah ke atas, ke bawah, dan sejajar. Perbedaan terletak pada komunikasi lintas saluran yang hanya diterpakan pada mall karena factor kepegawaian yang banyak serta jumlah toko. Pemilihan media pada konsep Employee Relations memiliki perbedaan pada adanya jaringan telepon internal pada mall. Sedangkan untuk papan pengumuman, kaset CCTV, stasiun radio, kotak saran, obrolan langsung, literatur pengenalan, rapat dinas, briefing harian, progam penghargaan untuk karyawan terbaik, program pelatihan yang berupa on the job training serta off the job training dan penggunaan komunikasi dalam bentuk lisan (perintah dan instruksi) juga diterpakan pada mall dan department store. Berdasarkan wawancara secara mendalam dengan narasumber diketahui bahwa dalam menerapkan Employee Relations karakteristik-karakteristik tidak mempengaruhi dalam memilih media-media yang digunakan. Kenyataan dalam lapangan memperlihatkan bahwa media tersebut efektif atau tidak yang menjadi pertimbangan pemilihan media-media. xv Kesimpulan yang dapat diambil adalah peneliti menemukan fakta bahwa secara garis besar perbedaan antara konsep mall dengan konsep department store terlihat pada kepemilikan modal perusahaan serta system kepegawaian yang berdampak pada perbedaan pengelolaan managemen perusahaan. Selain itu pemilihan penggunaan media dalam konsep Employee Relations tidak berdasarkan pada karakteristik dari kedua objek penelitian melainkan pada tingkat kebutuhan serta efektif tidaknya media tersebut dapat digunakan untuk menciptakan suasana Employee Relations yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 11:31
Last Modified: 18 Jun 2013 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item