STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM “PERTAMINA PASTI PAS” TAHUN 2007-2009 (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Sosialisasi Program“Pertamina Pasti Pas” PT Pertamina Tahun 2007-2009)

Putri, Deviyana Utami (2010) STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM “PERTAMINA PASTI PAS” TAHUN 2007-2009 (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Sosialisasi Program“Pertamina Pasti Pas” PT Pertamina Tahun 2007-2009). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02252.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02252.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02252.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02252.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02252.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5KOM02252.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Fenomenologi merupakan metode penelitian yang termasuk dalam paradigma konstruktivis atau interpretatif. Asumsi pokok fenomenologi adalah manusia secara aktif menginterpretasikan pengalamannya dengan memberikan makna atas sesuatu yang dialami manusia. Dengan kata lain pemahaman adalah suatu tindakan kreatif, yakni tindakan menuju pemaknaan. Dengan menggunakan metode fenomenologi membantu peneliti untuk melihat komunikasi dan strategi yang digunakan oleh PT Pertamina dengan SPBU Pertamina ketika melakukan sosialisasi pogram “Pertamina Pasti Pas”. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan bantuan alat perekam elektronik, serta dokumen sebagai data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yang bertujuan untuk menerangkan dalam bentuk uraian sehingga data tersebut tidak dalam bentuk angka-angka melainkan berbentuk suatu penjelasan yang menggambarkan keadaan dan proses peristiwa tertentu.Sebuah organisasi atau perusahaan biasanya memiliki program-program yang ditujukan kepada publik tertentu atau masyarakat luas. Untuk menyampaikan program-program tersebut, perusahaan ataupun organisasi memiliki strategi atau cara untuk menyampaikan program tersebut kepada publiknya, antara lain melalui sosialisasi. Sosialisasi dapat dilakukan agar program yang telah dirancang dapat berjalan baik sesuai tujuan yang ingin dicapai, selain itu juga untuk memberikan wawasan kepada publik yang dituju. Skripsi ini dimaksudkan untuk mengungkap strategi komunikasi dalam sosialisasi program “Pertamina Pasti Pas” yang dilakukan oleh PT Pertamina.Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu bentuk dari komunikasi persuasif. Sebagaimana diketahui bahwa komunikasi persuasif adalah proses komunikasi untuk mempengaruhi pendapat, sikap dan tindakan orang denggan menggunakan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak atas kehendaknya sendiri.Adapun strategi komunikasi dalam sosialisasi program Pertamina Pasti Pas yang dilakukan oleh PT Pertamina adalah menitikberatkan pada tahapan sosialisasi dan penyampaian pesan serta pemilihan media kepada publik yang dituju. Pesan tersebut dirancang berdasarkan hasil dari analisis pada situasi yang terjadi. Sesuai dengan data yang didapat dari hasil survey maupun analisis situasi, maka Pertamina merancang program perbaikan kinerja dari SPBU, baik secara operasionalnya maupun sumber daya manusianya. Program tersebut merupakan standarisasi dari pelayanan kepada pelanggan yang datang ke SPBU tersebut. Selain itu juga standarisasi bangunan fisik dari sebuah SPBU. xix Setelah program selesai dirancang, kemudian dilakukanlah upaya pengenalan program ini kepada masing-masing SPBU melalui sosialisasi program. Sosialisasi dilakukan antara lain melalui komunikasi personal yaitu gathering, adanya Pertamina Sales Representative, training dan coaching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, komunikasi, sosialisasi,Pertamina Pasti Pas
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 11:38
Last Modified: 18 Jun 2013 11:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item