PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP KEKAYAAN PEMEGANG SAHAM (Studi Empiris Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI)

Meilinda S, Sonya (2020) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP KEKAYAAN PEMEGANG SAHAM (Studi Empiris Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sonya Meilinda S)
1604230051.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
1604230053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
1604230054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Manajemen Laba dan Agresivitas Pajak Terhadap Kekayaan Pemegang Saham pada Perusahaan NonKeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. Pemegang saham adalah pemilik sebuah perusahaan yang kepemilikannya, atau ekuitas, dibuktikan dengan baik saham biasa atau saham preferen. Pengukuran Kekayaan Pemegang Saham menggunakan proksi Jensen’s Alpha. Manajemen laba merupakan upaya manajer perusahaan untuk mengintervensi atau mempengaruhi informasi-informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan. Pengukuran Manajemen Laba menggunakan proksi akrual diskresioner dengan model modified jones. Agresivitas Pajak adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk menurunkan laba kena pajak melalui perencanaan pajak baik menggunakan cara yang tergolong atau tidak tergolong tax evasion. Pengukuran Agresivitas Pajak menggunakan proksi Book Tax Difference. Metode pengumpulan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan perusahaan non-keuangan berjumlah 234 sampel dari 39 perusahaan yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh manajemen laba dan agresivitas pajak terhadap kekayaan pemegang saham. Uji analisis regresi berganda dilakukan dengan menggunakan program IBM Statistics SPSS 25. Pengambilan keputusan hipotesis penelitian dilakukan dengan melihat hasil uji statistic F dan uji statistic t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa manajemen laba dan agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap kekayaan pemegang saham.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Agresivitas Pajak, dan Kekayaan Pemegang Saham.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:19
Last Modified: 04 Jan 2021 06:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item View Item