HARTANTO, DISMAS LUDHY HERRY (2010) PERAN KOMPONEN - KOMPONEN KOMUNIKASI PEMBENTUK PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komponen – Komponen Komunikasi Pembentuk Product Knowledge Mainan Kamen Rider dari Komunitas Tokusatsu Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02292.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02292.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02292.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02292.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02292.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perilaku seorang konsumen dalam membuat sebuah keputusan pembelian pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dilingkungannya. Salah satunya adalah adanya pengaruh dari kelompok sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komponen - komponen komunikasi dalam membentuk pengetahuan produk mainan Kamen Rider dari Komunitas Tokusatsu Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus sebagai metode utamanya. Penelitian ini akan menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis yang bersifat non kuantitatif, yakni dengan observasi non-partisipan dan wawancara mendalam. Obyek dalam penelitian adalah Komunitas Tokusatsu Yogyakarta, sebuah kelompok penggemar mainan bergenre Tokusatsu; dan fokus utamanya adalah produk mainan Kamen Rider produksi Bandai. Hasil dalam penelitian ini berupa temuan data mengenai aktivitas interaksi yang terjadi di dalam Komunitas Tokusatsu Yogyakarta antar anggotanya, dan juga deskripsi mengenai temuan pengetahuan produk yang dimiliki baik dalam tingkat individu maupun tingkat kelompok. Peneliti kemudian menganalisis apa saja komponen komunikasi dan peran – peran subyek sebagai anggota kelompok yang terlibat di dalam aktivitas interaksi kelompoknya. Peneliti juga membahas mengenai bagaimana interaksi tersebut membentuk sebuah pengetahuan produk bagi kelompok. Interaksi yang diteliti meliputi interaksi secara tatap muka dan tidak tatap muka. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebuah pemahaman pengetahuan produk dapat terbentuk karena adanya peran – peran yang muncul dalam interaksi kelompok. Tingkat pemahaman atas pengetahuan produk yang semula berbeda-beda antar individu, dapat melebur dan menjadi setara bagi setiap anggota kelompok yang terlibat didalam interaksinya. Berbagai peran yang dilakukan anggota kelompok dapat membantu proses pertukaran pengetahuan produk sebagai pesan dalam proses komunikasinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 11:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2013 11:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2289 |
Actions (login required)
View Item |