HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PENULIS RUBRIK KESEHATAN DALAM SITUS KOMPASIANA DENGAN SIKAP PEMBACA KOMPASIANA (Studi Deskriptif mengenai Hubungan antara Kredibilitas Kompasianer Penulis Rubrik Kesehatan Kompasiana dengan Sikap Kompasianer Pembaca)

Djajadi, Inge Setiawati (2012) HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PENULIS RUBRIK KESEHATAN DALAM SITUS KOMPASIANA DENGAN SIKAP PEMBACA KOMPASIANA (Studi Deskriptif mengenai Hubungan antara Kredibilitas Kompasianer Penulis Rubrik Kesehatan Kompasiana dengan Sikap Kompasianer Pembaca). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02801.pdf

Download (602Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02801.pdf

Download (484Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02801.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02801.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1204Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02801.pdf

Download (775Kb)

Abstract

Perkembangan dunia informasi dan komunikasi mengembangkan sebuah konsep baru yang bernama citizen journalism, di mana masyarakat awan tidak lagi hanya berperan sebagai komunikan, namun juga sebagai komunikator. Hal ini terlihat secara nyata di mana masyarakat awam mulai memberikan informasi melalui media sosial seperti twitter, facebook dan sosial media lainnya. Kompas sebagai salah satu raksasa media di Indonesia, menanggapi perubahan yang terjadi di dunia informasi dan komunikasi ini dengan membuat kompasiana.com. Kompasiana merupakan sebuah media warga (citizen media), yang bertujuan untuk mewadahi konsep citizen journalism ini. Namun permasalahan yang ada adalah konsep citizen journalism ini tidak menjamin keabsahan informasi yang disebarkan. Penulis atau komunikator citizen journalism adalah masyarakat awam yang belum tentu menguasai materi yang diinformasikannya. Untuk itu, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas kompasianer penulis rubrik kesehatan dengan sikap kompasianer pembaca di Kompasiana. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Peneliti mengambil kredibilitas kompasianer penulis rubrik kesehatan Kompasiana sebagai variabel bebas, sikap kompasianer pembaca sebagai variabel terikat, dan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan responden sebagai variabel kontrol. Hasil data diolah dengan analisis Pearson’s Correlation untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara kredibilitas kompasianer penulis dengan sikap kompasianer pembaca, serta analisis regresi sebagai tambahan untuk menemukan besar/kuat pengaruhnya. Berdasarkan penelitian ini, ada hubungan antara kredibilitas kompasianer pembaca rubrik kesehatan Kompasiana dengan sikap kompasianer pembaca, dengan pengaruh sebesar 56%. Selain itu, di antara variabel control umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan,jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan, hanya tingkat pendapatan yang memberikan pengaruh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompasiana, rubrik kesehatan, kredibilitas, sikap, citizen journalism
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 08:50
Last Modified: 01 May 2013 10:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item