PENGARUH KARAKTERISTIK DEMOGRAFI INVESTOR GENERASI MILENIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI FAKTOR – FAKTOR PERILAKU

Sabela, Agnes Evi (2020) PENGARUH KARAKTERISTIK DEMOGRAFI INVESTOR GENERASI MILENIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI FAKTOR – FAKTOR PERILAKU. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agnes Evi Sabela)
1603224441.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1603224443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
1603224444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik demografi investor generasi milenial yang terdiri dari usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman investasi terhadap keputusan investasi melalui faktorfaktor perilaku yaitu investor sentiment, overconfidence, overreaction and underreaction dan herd behavior di pasar saham Indonesia. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebar secara online. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan analisis jalur serta statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) usia dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap investor sentiment; (2) usia dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap overconfidence; (3) tingkat pendidikan berpengaruh terhadap overreaction and underreaction; (4) tingkat pendidikan berpengaruh terhadap herd behavior; (5) tingkat pendidikan, investor sentiment, overconfidence, overreaction and underreaction, dan herd behavior berpengaruh terhadap keputusan investasi; (6) tingkat pendidikan berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui investor sentiment; (7) tingkat pendidikan berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui overconfidence; tingkat pendidikan berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui overreaction and underreaction; (8) tingkat pendidikan berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui herd behavior.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik demografi, Keputusan investasi, Faktor-faktor perilaku.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:28
Last Modified: 12 Jan 2021 02:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item