PENGARUH KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK DAN NIAT BELI NIKE

Wijaya, Erdwin (2020) PENGARUH KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK DAN NIAT BELI NIKE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Erdwin Wijaya)
1603224501.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1603224503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
1603224504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh komunikasi media sosial terhadap ekuitas merek Nike dengan 3 (tiga) dimensi ekuitas merek yaitu kesadaran merek, citra merek fungsional dan citra merek hedonis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner secara online melalui google form dengan kriteria mengetahui produk Nike. Sampel yang terkumpul dalam peneitian ini berjumlah 122 orang. Sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling yang syaratnya adalah hanya mereka yang pernah mendengar tag line merek Nike yaitu “Just Do it”. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) dengan bantuan komputer dengan software IBM SPSS AMOS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Komunikasi Media Sosial (firmcreated) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek, namun komunikasi media sosial (user-generated) tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek. 2) Komunikasi media sosial (firm-created) dan komunikasi media sosial (user-generated) tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek fungsional. 3) Komunikasi media sosial (firm-created) berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek hedonis sedangkan komunikasi media sosial (usergenerated) tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek hedonis. 4) Kesadaran merek dan citra merek fungsional tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap merek. 5) Citra merek hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap merek. 6) Sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi media sosial, ekuitas merek, kesadaran merek, niat pembelian.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:36
Last Modified: 12 Jan 2021 02:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

View Item View Item