PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP NIAT PENCARIAN ONLINE, NIAT PEMBELIAN ONLINE DAN KESESUAIAN KONSEP DIRI (STUDI PADA APLIKASI MOBILE TOKOPEDIA DI INDONESIA)

Budianto, Victor Christian (2020) PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP NIAT PENCARIAN ONLINE, NIAT PEMBELIAN ONLINE DAN KESESUAIAN KONSEP DIRI (STUDI PADA APLIKASI MOBILE TOKOPEDIA DI INDONESIA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Victor Christian Budianto)
1603224841.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1603224843.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
1603224844.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap niat pencarian online, niat pembelian online serta konsep kesesuaian diri yang ada pada perilaku konsumen pada penggunaan mobile app e – commerce Tokopedia sebagai alat bertransaksi melakukan pembelian di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Tokopedia, kemudian populasi yang dalam penelitian ini adalah seseorang yang pernah bertransaksi melakukan pembelian menggunakan Tokopedia. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 dengan kriteria sampel, yaitu pernah bertransaksi melakukan pembelian melalui Tokopedia dan pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dalam dua bulan terakhir. Data pada penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang disebar secara online. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan analisis regresi linear sederhana. Analisis penelitian dibantu dengan aplikasi SPSS IBM Statistics 25. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonis berpengaruh terhadap niat pencarian online, kesesuaian konsep diri berpengaruh terhadap niat pembelian online, kesesuaian konsep diri berpengaruh terhadap nilai hedonis, niat pencarian online berpengaruh terhadap niat pembelian online yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai utilitarian, nilai hedonis, niat pencarian online, niat pembelian online, kesesuaian konsep diri
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:47
Last Modified: 12 Jan 2021 03:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item