STRATEGI PESAN PERSUASIF PADA BERITA TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Strategi Pesan Persuasif kepada Anak pada Berita Anak "CERDAS" di RBTV Yogyakarta edisi April 2011)

PRABOWO, GLETTMENTANO KRISTIEYUNI (2011) STRATEGI PESAN PERSUASIF PADA BERITA TELEVISI (Analisis Isi Kuantitatif Strategi Pesan Persuasif kepada Anak pada Berita Anak "CERDAS" di RBTV Yogyakarta edisi April 2011). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM01714.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM01714.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM01714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM01714.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media massa merupakan media yang dapat menghantarkan pesan kepada audience secara cepat dan efisien terutama adalah televisi yang bersifat audio (suara) dan visual (gambar). Berita merupakan salah satu bagian dari televisi yang tidak hanya menyiarkan informasi saja, tetapi juga dapat membujuk dan mengajak penonton untuk mengambil sikap tertentu supaya berbuat sesuatu atau tidak melakukan sesuatu (prinsip dari persuasif). Tentunya pesan yang persuasif tidak dapat efektif jikalau tidak didukung oleh strategi-strategi yang baik. Strategi pesan persuasif merupakan cara untuk mengubah sikap, pendapat dan perilaku audience (penonton) berdasarkan akal dan budi manusia yang dinyatakan melalui komunikasi verbal, nonverbal, dan atau paralinguistic. Strategi pesan persuasif dapat dilakukan disemua aspek pendukung televisi yaitu, audio (suara), visual (gambar), dan tulisan. Sedangkan pembawa berita, reporter, narator, presenter dan narasumber merupakan aspek pendukung dari berita televisi. Anak-anak yang seringkali melakukan imitasi (peniruan) terhadap apa yang dia lihat menjadikan persuader (orang yang melakukan persuasif) mudah dalam memberikan maksud dan tujuannya. Hal ini dilakukan persuader didalam semua tayangan televisi (termasuk berita televisi), apalagi berita televisi yang menggunakan pendukung beritanya adalah anak-anak. Penelitian ini adalah meneliti dari tayangan berita televisi tentang strategi pesan persuasif kepada anak yang bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan dan mengetahui kecenderungan strategi pesan persuasif kepada anak yang paling banyak dipakai pada tayangan berita anak "CERDAS" yang tayang di RBTV Yogyakarta. Ol

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesan Persuasif Kepada Anak, Berita Anak Televisi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 08:33
Last Modified: 19 Jun 2013 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item