MOTIVASI DAN HAMBATAN DALAM MELAKUKAN BELANJA ONLINE : MEMAHAMI RESPON KONSUMEN PADA SITUS BELANJA ONLINE

GUNAWAN, KEVIN ADITYA (2020) MOTIVASI DAN HAMBATAN DALAM MELAKUKAN BELANJA ONLINE : MEMAHAMI RESPON KONSUMEN PADA SITUS BELANJA ONLINE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
16 03 022448.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16 03 122448.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
16 03 222448.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
16 03 322448.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB IV)
16 03 422448.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
16 03 522448.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hambatan yang berkaitan dengan kegiatan belanja online untuk memahami respon konsumen terhadap situs belanja online yang ada di Indonesia. Perilaku konsumen dalam belanja online telah menjadi topik penting dan menjadi perhatian bagi para pemasar, karena perilaku konsumen dalam belanja online merupakan fenomena baru dan berbeda dari perilaku konsumen dalam belanja secara konvensional terutama di negara berkembang. Penelitian ini akan menguji peranan motivasi belanja utilitarian dan hedonis serta kepercayaan dan keamanan privasi konsumen dalam belanja online di Indonesia. Sampel dalam penelitian dikumpulkan dengan metode purposive sampling yaitu mahasiswa S1 yang berdomisili di kota Yogyakarta, Jakarta dan Pontianak dengan minimal pernah menggunakan situs belanja online 5 bulan terakhir. Survei kuisioner dalam penelitian ini menggunakan platform google form dan telah terkumpul sebanyak 332 responden. Hipotesis dalam penelitian ini akan diuji menggunakan metode structural equation modelling / partial least square dengan menggunakan software SmartPLS Ver. 3.0. Keputusan dalam penelitian ini dilakukan dengan melihat pada nilai original sampel, t-statistik dan p-values dari hipotesis penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan nilai utilitarian, nilai hedonis dan kepercayaan signifikan dan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen sehingga meningkatkan minat beli konsumen. Sedangkan privasi ditemukan tidak signifikan karena sejalan dengan sampel mahasiswa yang merupakan konsumen dengan tingkat pengambilan resiko tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Privasi, Kepercayaan, Perilaku Dalam Belanja Online, Minat Beli
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:00
Last Modified: 12 Jan 2021 06:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item