PENGARUH CONSUMER'S BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT BELI (Studi Strategi Product Placement Restoran Fastfood Subway pada K-Drama Vagabond)

Pawestri, Tyas Kridaning (2020) PENGARUH CONSUMER'S BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT BELI (Studi Strategi Product Placement Restoran Fastfood Subway pada K-Drama Vagabond). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
16 03 022765.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16 03 122765.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
16 03 222765.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
16 03 322765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
16 03 422765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
16 03 522765.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara yang biasa digunakan perusahaan dalam memasarkan produk mereka yaitu dengan menggunakan iklan. Salah satu bentuk iklan yaitu product placement, melakukan promosi produk atau merek tertentu dengan cara menyisipkannya ke dalam film atau pun program siaran yang ditayangkan dalam televisi. Strategi product placement bukanlah hal yang baru, banyak perusahaan telah menerapkan hal ini baik pada industri musik video, program talkshow, film maupun drama, termasuk pada drama Korea. Salah satu alasannya saat ini masyarakat mulai merasa jenuh dan terganggu dengan banyaknya iklan di televisi dan juga media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai pengaruh dari penggunaan strategi product placement pada drama Korea Vagabond terhadap restoran fastfood Subway di Indonesia. Perolehan data dengan mengunakan metode kuesioner terhadap 202 orang responden penonton Drama Korea Vagabond yang ada dalam komunitas pecinta drama korea, melalui media sosial, serta menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diperoleh hasil bahwa, product placement yang digunakan pada film drama Korea dapat mempengaruhi sikap penonton (1) untuk mengenal dan mengingat terhadap suatu brand yang digunakan oleh seorang aktor pemeran utama. (2) untuk mengenal dan mengingat suatu product yang digunakan oleh seorang aktor pemeran utama. Selanjutnya diperoleh pula hasil bahwa (3) penonton Drama Korea menyukai dan tertarik dengan karakter pemain utama, maka mereka tidak merasa terganggu dengan adanya product placement yang disisipkan dalam drama tersebut. (7) penonton drama Korea yang diteliti menyukai alur cerita dari drama yang ditonton, serta merasa antara aktor dan brand yang digunakan cocok atau sesuai, maka penempatan produk (product placement) dari berbagai macam brand pada drama tidak masalah dan mereka hanya menganggap seolah–olah bagian dari cerita sehingga membuat penonton menjadi penasaran akan produk yang ditampilkan pada drama. Selanjutnya cenderung meningkatnya keinginan untuk membeli brand yang mereka lihat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktor, Brand, Drama, Karakter, Produk, Product Placement.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:25
Last Modified: 15 Jan 2021 03:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item