PENGARUH PERSEPSI KELANGKAAN DAN ANTISIPASI PENYESALAN TERHADAP URGENSI UNTUK MEMBELI, PERILAKU PENIMBUNAN DAN PENYEMBUNYIAN DALAM TOKO DENGAN DAYA SAING DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA STORE UNIQLO & H&M)

Sipayung, Jessica (2020) PENGARUH PERSEPSI KELANGKAAN DAN ANTISIPASI PENYESALAN TERHADAP URGENSI UNTUK MEMBELI, PERILAKU PENIMBUNAN DAN PENYEMBUNYIAN DALAM TOKO DENGAN DAYA SAING DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA STORE UNIQLO & H&M). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jessica Sipayung)
1603231491.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1603231493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
1603231494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui pengaruh dari persepsi kelangkaan yang ditanamkan oleh perusahaan pada perilaku konsumen, reaksi konsumen yang akan diuji seperti penimbunan dalam toko oleh konsumen, penyembunyian produk didalam toko, dan urgensi untuk membeli produk langka tersebut. Objek penelitian ini adalah Uniqlo dan H&M. Responden dari penelitian ini berjumlah 250 orang, mereka adalah orang yang melakukan belanja secara langsung ke Uniqlo dan H&M minimal dua kali dalam satu tahun terakhir. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan program SmartPLS V.3. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi kelangkaan berpengaruh pada perilaku penyembunyian dalam toko, tetapi tidak berpengaruh kepada perilaku penimbunan dalam toko dan urgensi untuk membeli, variabel mediasi antisipasi penyesalan, memediasi hubungan antara persepsi kelangkaan terhadap urgensi untuk membeli, sementara itu variabel moderasi daya saing memperkuat hubungan persepsi kelangkaan terhadap perilaku penimbunan dalam toko, penyembunyian dalam toko, dan urgensi untuk membeli. Begitu juga dengan variabel moderasi motivasi belanja hedonis, satu – satunya hubungan yang tidak dipengaruhi adalah persepsi kelangkaan terhadap motivasi belanja hedonis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi kelangkaan, antisipasi penyesalan, motivasi belanja hedonis, daya saing, penimbunan dalam toko oleh konsumen, penyembunyian dalam toko, urgensi untuk membeli
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jan 2021 10:38
Last Modified: 27 Jan 2021 10:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item View Item