PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERKAIT APLIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT PEMBELIAN Studi Pada Account Instagram HARVOfficial

Maningkas, Chlarisa Anggraini (2020) PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERKAIT APLIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT PEMBELIAN Studi Pada Account Instagram HARVOfficial. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Chlarisa Anggraini Maningkas)
1603230041.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1603230043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
1603230044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Media sosial merupakan “sekelompok aplikasi berbasis internet yang memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten yang dibuat sesama pengguna”. Penggunaan aplikasi media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis untuk bersaing. Dengan adanya media sosial perusahaan dapat menjangkau konsumen dengan berinteraksi yang pada awalnya satu arah kini menjadi dua arah. “HARV Official” salah satunya yang memanfaatkan salah satu aplikasi media sosial yaitu Instagram sebagai wadah untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. Menurut Ceyhan (2019), persepsi konsumen tentang aplikasi pemasaran merek berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen. Aplikasi pemasaran merek yang dimaksud adalah halaman Instagram @HARVOfficial dan persepsi yang dimaksud, yaitu persepsi konsumen terhadap Functional Value, Hedonic Value, Social Value, Co-creation Value, dan Self-brand Image Congruency yang dapat mereka temukan dalam halaman Instagram @HARVOfficial. Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap Functional Value, Hedonic Value, Social Value, Co-creation dan Self-brand Image Congruency dalam halaman Instagram @HARVOfficial. 2) Mengetahui pengaruh Functional Value, Hedonic Value, Social Value, Co-creation dan Selfbrand Image Congruency secara terhadap Niat Pembelian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi konsumen terhadap aplikasi pemasaran Instagram @HARVOfficial baik. 2) Persepsi konsumen terkait nilai-nilai yang dimiliki halaman instagram akun HARVOfficial, yaitu Functional Value, Hedonic Value, Social Value, Co-creation Value, dan Self-brand Image Congruency, memiliki pengaruh secara simultan terhadap niat pembelian konsumen. 3) Functional Value, Hedonic Value, dan Selfbrand Image Congruency berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli. 4) Social Value dan Co-creation Value tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media sosial, functional value, hedonic value, social value, cocreation value, dan self-brand image congruency, niat pembelian.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2021 21:32
Last Modified: 28 Jan 2021 21:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item