ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS TUKANG DAN PEKERJA PADA SAAT JAM KERJA NORMAL DAN JAM KERJA LEMBUR PADA PEKERJAAN PEMASANGAN KERAMIK

Putri, Saptya Pratiwi (2020) ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS TUKANG DAN PEKERJA PADA SAAT JAM KERJA NORMAL DAN JAM KERJA LEMBUR PADA PEKERJAAN PEMASANGAN KERAMIK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Saptya Pratiwi Putri)
1402152901.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
1402152904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
1402152905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Pertumbuhan pekerjaan konstruksi membutuhkan sumber daya manusia sebagai faktor yang menentukan baik segi kualitas pekerjaan. Dari segi kualitas pekerjaan sangat bergantung pada ketrampilan dari tenaga kerja, sehingga tenaga kerja menjadi faktor utama dalam pelaksanaan suatu pekerjaan guna mencapai hasil yang maksimal. Produktivitas tenaga kerja perlu dianalisi dengan demikian agar tenaga kerja dapat melakukan aktivitasnya sebagaimana yang diharapkan. Pemikiran untuk meneliti masalah produktivitas tenaga kerja timbul karena perlu suatu konsep metode kerja yang sesuai untuk pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Pada proyek konstruksi, penambahan jam kerja sering dilakukan meskipun kontraktor berusaha seminimal mungki menghindarinya. Kerja lembur dilakukan untuk mengatasi keterlambatan dan mempercepat penyelesaian proyek. Jika pada jam kerja normal target yang diinginkan tidak tercapai. Pekerja yang digunakan untuk kerja lembur biasanya memanfaatkan pekerja yang masih ada. Kesesuaian waktu bekerja juga mempengaruhi tingkat produktivitas pekerja. Produktivitas pekerja pada saat jam kerja normal akan berbeda dengan jam kerja lembur. Penelitian ini membahas perbandingan produktivitas tukang dan pekerja pada saat jam kerja normal dan lembur. Penelitian ini dilakukan pada salah satu proyek konstruksi yang ada di Yogyakarta, dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dengan metode rated activity sampling. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil produktivitas tukang pada saat jam kerja normal sebesar 12,9946 m²/orang/hari dan pekerja sebesar 15,6519 m²/orang/hari. Sedangkan hasil produktivitas tukang pada saat jam kerja lembur sebesar 11,9496 m²/orang/hari dan pekerja sebesar 14,4802 m²/orang/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja, Produktivitas, Rated Activity Sampling.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2021 11:10
Last Modified: 29 Jan 2021 11:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item