EVALUASI GEOMETRIK JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Simpang Sejiram-Nanga Tepuai-Nanga Semangut, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat)

Mapanjaya, Ricardo (2020) EVALUASI GEOMETRIK JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Simpang Sejiram-Nanga Tepuai-Nanga Semangut, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ricardo Mapanjaya)
1502162271.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
1502162274.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
1502162275.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi yang sangat penting bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Tanpa adanya jalan raya, masyarakat akan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga dapat mengganggu pembangunan suatu wilayah. Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Barat. Ruas jalan simpang Sejiram – Nanga Tepuai – Nanga Semangut merupakan jalan antar propinsi. Jalan ini merupakan jalan utama pada Kabupaten Kapuas Hulu. Jika jalan ini mengalami masalah maka kegiatan perekonomian pada kabupaten ini akan sangat terganggu. Evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi nilai Lengkung peralihan, jari-jari tikungan, dan superelevasi tikungan serta menentukan tikungan yang layak untuk jalan tersebut, Data yang dipakai merupakan data dari Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalimantan Barat Keluaran Oktober 2018. Peraturan yang dipakai dalam studi kasus ini adalah Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Tikungan yang ditinjau akan di evaluasi terlebih dahulu kemudian akan dilakukan perencanaan ulang baik. Dari evaluasi yang dilakukan, terdapat beberapa tikungan yang masih kurang layak seperti pada Sta 495+205.620 dan Sta 509+269.14 terdapat nilai Lc yang masih kurang layak serta pada Sta 580+409.300 didapati nilai jari-jari tikungan dan Lengkung peralihan yang dibawah standar. Dari hasil perancangan tersebut, didapati bahwa faktor yang dapat mempengaruhi suatu tikungan adalah penetapan kecepatan rencana, dan sudut tikungan yang diambil. Selain dari segi perencanan teknis, faktor-faktor eksternal dapat mempengaruhi keselamatan pengemudi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: superelevasi, lengkung peralihan, kecepatan rencana, sudut tikungan, jari-jari tikungan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2021 11:42
Last Modified: 29 Jan 2021 11:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item View Item