LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR NINETIES PLAY CENTRE DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

Wijaya, Aditya Prasetya (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR NINETIES PLAY CENTRE DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aditya Prasetya Wijaya)
1301148471.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
1301148475.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
1301148476.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Globalisasi yang terjadi di Kota Yogyakarta mengakibatkan terjadinya peningkatan pada penggunaan lahan yang berdampak pada semakin terkikisnya ruang terbuka hijau yang ada, permasalahan ini kemudian diperkuat oleh pembangunan – pembangunan yang kurang memperhatikan efek kognitif potensial yang dihasilkan, sehingga masyarakat merasa terkucilkan dan tidak memiliki tempat yang layak untuk bermain dan bersosial. Kekurangan ini kemudian ditutupi oleh perkembangan teknologi yang akhirnya mendorong terjadinya perubahan gaya hidup pada masyarakat menjadi sosok yang individualis. Perubahan gaya hidup tersebut ternyata memiliki pengaruh buruk terhadap kondisi psikologis yang mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas pada kehidupan masyarakat. Padahal di Era ini setiap kota sedang berkompetisi dalam memperebutkan sumber daya manusia dengan talenta dan kualitas terbaik. Untuk dapat memperbaiki kekurangan itu maka diperlukan adanya program pendidikan karakter pada masyarakat. Program ini dapat diwujudkan dengan berbagai macam, salah satunya melalui kegiatan bermain. Bermain adalah suatu aktivitas khas yang sangat penting bagi anak – anak yang bahkan menjadi sebuah hak yang harus dipenuhi untuk menunjang perkembangan yang utuh dalam kehidupan mereka. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perwujudan Play Centre di Yogyakarta tentunya sangat diperlukan. Play Centre yang akan dirancang ini akan menerapkan program pendidikan karakter melalui kegiatan bermain, sehingga dapat terciptanya karakter berkualitas yang mampu bersaing secara global di masa depan. Pemilihan lokasi yang berada di Yogyakarta tentunya akan memperkuat citranya sebagai Kota Pendidikan dan juga Kota Wisata. Pengangkatan tema Nineties pada Play Centre akan memberikan perasaan nostalgia bagi orang dewasa, sedangkan pendekatan psikologi arsitektur yang diterapkan pada penataan ruang dalam dan ruang luar pada Nineties Play Centre akan memberikan rasa aman, nyaman, bahagia dan juga dapat memicu perubahan sifat masyarakat perkotaan yang cenderung individualis dengan memperbaiki gaya hidup mereka dalam bersosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Globalisasi, Yogyakarta, Pendidikan Karakter, Nineties Play Centre, Psikologi Arsitektur, Tata ruang Luar dan Dalam.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2021 16:26
Last Modified: 06 Feb 2021 16:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item